Anak

Pekan ASI Sedunia, Ini Manfaat Mengejutkan ASI untuk Ibu dan Bayi

Ingat, selalu menyusui bayimu hingga usia sang buah hati 2 tahun ya.

Rendy Adrikni Sadikin | Yuliana Sere

Pemberian ASI. (HealthXchange)
Pemberian ASI. (HealthXchange)

Himedik.com - Tanggal 1 sampai 7 Agustus merupakan pekan ASI Sedunia. Pekan ini diluncurkan oleh World Alliance for Breastfeeding Action (WABA). Pekan ASI ini ditujukan untuk para ibu agar semakin sadar manfaat pemberian ASI untuk tumbuh kembang anak.

Tak hanya itu, pekan ini juga menjadi sarana untuk memberikan informasi mengenai ASI, mendorong pemberian ASI dan mengajak semua pihak untuk terlibat dalam mendukung para ibu menyusui.

Dari webmd, diketahui banyak ahli medis termasuk American Academy of Pediatrics (AAP) dan American College of Obstetricians and Gynecologists, sangat menganjurkan pemberian ASI secara eksklusif selama 6 bulan.

Pastinya ada banyak manfaat yang bisa didapat dari pemberian ASI untuk bayi dan juga ibu. Dilansir babycentre, HiMedik menemukan beberapa manfaat pemberian ASI sebagai berikut.

1. Pemberian ASI dapat mengurangi risiko bayi meninggal mendadak yang dikenal sebagai Sudden Infant Death Syndrome (SIDS).

2. ASI juga membantu bayi melawan infeksi. ASI mengandung antibodi yang membantu melindungi bayi dari gastroenteritis (infeksi pada lambung dan usus), pilek, infeksi dada dan telinga. Menyusui juga dapat mengurangi risiko bayi terkena asma dan eksim.

3. Dengan adanya pemberian ASI, kamu dan sang buah hati menjadi lebih dekat sehingga bisa membantu mencegah depresi pasca persalinan. Gejala dari depresi ini meliputi insomnia, hilangnya nafsu makan, mudah marah yang terjadi secara intens.

Pemberian ASI. (The Champa Tree)
Pemberian ASI. (The Champa Tree)

4. Bayi menjadi tak bosan karena rasa ASI bisa berbeda-beda sesuai apa yang kamu konsumsi, sehingga bayi mungkin kurang rewel saat menyusui. Selain itu, ASI juga mengandung asam lemak tak jenuh yang penting untuk membantu otak bayi untuk berkembang.

5. ASI membantu bayi lebih cepat pulih ketika menderita sebuah penyakit ketika kamu menyusui secara eksklusif selama enam bulan pertama. ASI mengandung antibodi yang membantu bayi melawan virus dan bakteri.

Selain manfaat untuk bayi, kamu juga bisa mendapat manfaat dari pemberian ASI, seperti membantu menurunkan berat badan dan mempertahankannya. Ini mengurangi risiko diabetes tipe 2, kanker payudara dan kanker ovarium di kemudian hari. ASI juga dapat menurunkan risiko osteoporosis.

Dalam jangka pendek, menyusui dapat mencegah ovulasi, jadi kamu mungkin tak datang bulan untuk sementara waktu. Manfaat lainnya adalah menyusui itu gratis. Kamu tak perlu membuang banyak biaya untuk membeli botol dot dan segala perlengkapan untuk menyusui. Ini juga bisa menghemat waktumu.

ASI yang diberikan pada tiga bulan pertama bisa menurunkan risiko terkena diabetes sebesar 27 persen. Selain itu, jika kamu atau keluargamu memiliki riwayat penyakit asma, maka kurang dari 40 persen sang bayi mewarisi penyakit tersebut.

Memasuki bulan ke enam, ASI bisa melindungi bayi dari kanker. Pada bulan ke sembilan, ASI dapat meningkatkan IQ bayi. Di bulan ke 12, ASI bisa menurunkan risiko kolesterol saat bayi beranjak dewasa. Semakin lama kamu menyusui, maka sistem kekebalan tubuh bayi akan semakin baik.

Selamat merayakan Pekan ASI ya.

Berita Terkait

Berita Terkini