Anak

Seru tapi Sedih, Sharena Ceritakan Kisah Ryshaka yang Setop ASI

Cerita seru yang juga bikin haru Sharena saat Ry berhenti ASI. Simak di sini.

Tinwarotul Fatonah | Yuliana Sere

Sharena dan keluarga. (Instagram/@mrssharena)
Sharena dan keluarga. (Instagram/@mrssharena)

Himedik.com - Menyapih atau membuat si buah hati berhenti ASI menjadi tantangan tersendiri bagi setiap ibu. Ini bisa menjadi masa yang begitu emosional bagi bayi dan juga bagi ibu. Pengalaman inilah yang mungkin dialami Sharena.

Sharena Gunawan atau yang akrab disapa Sharena baru-baru ini membagikan kisahnya ketika ingin 'nyapih' buah hatinya, Ry. Ry yang memiliki nama lengkap Ryshaka Dharma Situmeang saat ini sudah berumur 3 tahun.

Dilansir akun jejaring instagramnya, @mrssharena, HiMedik menemukan kisah 'nyapih' yang diunggah oleh istri aktor Ryan Delon ini. Alasan wanita 34 tahun ini membagikan kisahnya adalah karena banyak netizen yang menanyakan bagaimana cara 'nyapih' Ry.

Sharena mengatakan, istilah nyapih mungkin kurang tepat karena saat Ry berhenti ASI, ia tak langsung minum susu sapi. Sehingga, istilah WWL (weaning with love) menjadi istilah yang dipakai wanita yang akan lahiran sebulan lagi ini.

Awalnya, Sharena mengatakan, ia meng-ASI-hi dengan cinta. Ia menolak untuk memberi rasa pahit pada puting seperti yang kebanyakan orang lakukan. Alasannya, ia tak ingin membuat trauma.

Peringatan untuk setop ASI sudah ia berikan ketika Ry menginjak usia 22 bulan. Ia mengatakan jika Ry harus setop ASI saat umur 2 tahun. Namun, ternyata usahanya gagal.

Ry masih sering begadang yang menyebabkan ia masih sering ASI. Hal ini juga ia lakukan lagi saat Ry berusia 2 tahun 6 bulan. Ia dan Ry sama-sama berjanji untuk berhenti ASI. Namun, perjanjian ini baru terpenuhi saat Ry berusia 2 tahun 10 bulan.

Sharena mengisahkan, jika ia sebenarnya tak tega dengan Ry. Namun, janji tetaplah janji. Ia juga ingin mengajarkan Ry bagaimana pentingnya sebuah janji.

Sharena membuat janji dengan Ry untuk berhenti ASI. Ia membantunya dengan gendong 2 menit sebelum tidur. Jika Ry bangun tengah malam, ia juga menyiapkan juice box kecil.

Tiga malam berhasil. Saat malam keempat, ia bangun ternyata untuk pipis. Dan akhirnya Ry lulus untuk 'tantangan' ini.

 

 

Setiap ibu memiliki cara berbeda untuk nyapih anaknya. Bagaimana denganmu?

Berita Terkait

Berita Terkini