Anak

Bunda, Ini Pentingnya Si Buah Hati Ikut Kelas Musik

Berbagai manfaat, ini yang akan ia dapat.

Dany Garjito | Yuliana Sere

Manfaat kelas musik untuk balita. (North Somerset Times)
Manfaat kelas musik untuk balita. (North Somerset Times)

Himedik.com - Sudah banyak penelitian tentang manfaat pendidikan musik bagi anak. Satu diantaranya, studi di tahun 2012 oleh McMaster University.

Penelitian ini menunjukkan balita yang mengikuti kelas musik akan lebih bahagia, memiliki kemampuan komunikasi dan perkembangan otak yang jauh lebih baik.

Laurel Trainor, penulis studi dan direktur McMaster Institute for Music and the Mind mengatakan balita yang mengikuti kelas musik memiliki kemampuan motorik, bahasa dan sosial yang akan menstimulasi otaknya.

Berikut beberapa manfaat kelas musik bagi balita yang berhasil dirangkum HiMedik.com dari todaysparent.

1. Meningkatkan interaksi sosial

Studi yang dilakukan pada balita 14 bulan menjelaskan musik bisa menjadi dasar yang kuat untuk keterampilan sosial.

Dengan menyampaikan emosi seperti kebahagiaan, kesedihan dan kemarahan melalui lagu dan menggabungkan dengan interaksi orang tua, para balita bisa membangun interaksi sosial yang lebih baik.

2. Kemampuan motorik

Balita bisa meningkatkan kemampuan motorik mereka misalnya melalui bermain alat musik. Mereka bisa menemukan sendiri cara menciptakan sebuah nada yang mereka inginkan.

Manfaat kelas musik untuk balita. (Needham Music)
Manfaat kelas musik untuk balita. (Needham Music)

3. Kemampuan bahasa meningkat

Musik sangat berpengaruh pada kemampuan bahasa pada balita. Misalnya melalui menyanyi atau pembicaraan selama kelas musik berlangsung. Menurut Schnider, nyanyian dapat mendorong mereka untuk bersuara dengan cara mereka sendiri.

4. Rangsangan pada otak

Para peneliti di University of Washington menemukan sesi bermain musik membantu mengaktifkan bagian otak yang bertanggung jawab untuk musik dan proses bicara, serta keterampilan kognitif penting lainnya seperti mengendalikan perhatian.

5. Ikatan orang tua dan anak

Kehidupan para orang tua saat ini sangat sibuk sehingga bersenang dengan musik bersama anak adalah salah satu cara terbaik untuk mempererat hubungan.

Bahkan sesuatu yang sederhana seperti bernyanyi untuk anak juga dapat membangun ikatan yang lebih kuat, menurut sebuah studi dari University of Miami.

Kamu tak perlu menghabiskan banyak uang untuk membeli alat musik. Botol air kosong dengan beberapa kerikil (pastikan botolnya tertutup rapat) dengan kotak tisu atau kotak sepatu sudah bisa menjadi alat musik sederhana yang bisa kamu pakai.

Berita Terkait

Berita Terkini