Anak

Jangan Ajak Bayi Nonton Bioskop! Ini Bahaya Bagi Pendengarannya

Bayi akan kehilangan pendengarannya secara permanen jika sering diajak nonton bioskop.

Rendy Adrikni Sadikin | Krishnayanti C

Ilustrasi bayi nonton bioskop (shelo9)
Ilustrasi bayi nonton bioskop (shelo9)

Himedik.com - Sebagian orangtua terkadang mengajak anaknya yang masih bayi ikut menonton bioskop. Di usia bayi yang masih sangat dini, tidak pas rasanya untuk membawanya ke bioskop.

Rewel dan nangis akibat takut akan gelap maupun kaget dengan suara kencang dari film di bioskop dapat mengganggu orang lain yang sedang menikmati film.

Tidak hanya itu, suara kencang dari film di bioskop dapat mengganggu pendengaran si kecil dalam jangka panjang. Mengapa demikian?

Ilustrasi (aberdeenaudiology)
Ilustrasi (aberdeenaudiology)

Volume suara yang dikeluarkan dari bioskop mencapai 85 dB, walaupun hanya sekedar percakapan biasa. Volume suara dapat meningkat berkali-kali lipat jika sang pemain berteriak atau suara ledakan.

Bayi memiliki indera pendengaran yang sensitif dan sangat memperhatikan suara di sekitarnya. Volume suara yang tinggi akan menyebabkan kerusakan pada telinga bayi bagian dalam, khususnya koklea.

Menurut American Academy of Pediatrics, pada beberapa film salah satunya film aksi, dapat memiliki tingkat kebisingan 90 dB. Volume suara di atas 100 dB selama 15 menit dapat menyebabkan gangguan pendengaran permanen pada anak.

Jika tetap ingin mengajak si kecil, pasangkan sumbat telinga pada si kecil untuk mencegah risiko gangguan pendengarannya. Selain itu, pilihlah film yang ramah anak atau cocok untuk anak-anak.

Bila si kecil mulai rewel, kamu bisa ajak dia untuk keluar studio. Namun, sebaiknya jangan ajak si kecil dulu untuk menonton bioskop sebelum perkembangan psikologisnya siap.

Berita Terkait

Berita Terkini