Anak

Tiga Cara Ini Dapat Mengerem Nafsu Makan Anak yang Berlebihan

Makan banyak di usia anak yang masih dini memang sangat bagus, namun tetap perhatikan porsinya agar tidak berlebihan.

Galih Priatmojo | Krishnayanti C

Ilustrasi anak makan banyak (pixabay)
Ilustrasi anak makan banyak (pixabay)

Himedik.com - Anak sulit makan memang membuat orangtua khawatir dan bingung. Namun, anak yang tidak bisa mengerem nafsu makan juga dapat membuat orangtua kebingungan karena bisa memicu obesitas.

Makan banyak di usianya yang dini sangat bagus untuk kebutuhan nutrisinya, namun jika porsi makannya terlalu berlebih, juga dapat mengkhawatirkan.

Lalu, apa yang harus dilakukan orangtua agar anak dapat mengerem nafsu makannya yang selalu bertambah?

1. Sediakan bekal dari rumah

Anak yang ingin makan terus mungkin jadi sering jajan sembarangan. Untuk mencegah hal ini, kamu bisa sediakan selalu camilan yang sehat di rumah. Saat pergi sekolah, bawakan bekal makanan agar tidak jajan di luar.

2. Beri makanan bergizi yang bikin kenyang lama

Berikan anak roti selai, sereal, atau alpukat dengan susu cokelat untuk memperkenalkan makanan sehat padanya. Jangan biarkan anak makan permen, keripik, atau donat.

3. Imbangi dengan aktivitas olahraga

Ketika anak sulit mengerem nafsu makannya, jangan biasakan anak bermain gadget secara terus menerus atau hanya duduk menonton televisi. Hal inilah yang dapat memicu obesitas kedepannya karena tubuhnya tidak bergerak aktif.

Ajaklah si kecil untuk bermain di luar, seperti bermain bola, bersepeda, atau jalan-jalan di kebun binatang agar kalori dalam tubuhnya terbakar dan tidak menumpuk menjadi lemak yang menyebabkan obesitas.

Berita Terkait

Berita Terkini