Anak

3 Cara Mudah Atasi Saluran ASI Tersumbat, Praktis Tanpa Ribet

Saluran ASI tersumbat dapat terjadi ketika produksi ASI lebih cepat daripada kemampuan bayi dalam menyusu.

Angga Roni Priambodo | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Ilustrasi menyusui. (pixabay)
Ilustrasi menyusui. (pixabay)

Himedik.com - Jika bunda pernah mengalami peradangan atau bengkak pada area payudara ketika masih dalam masa menyusui, kemungkinan besar hal tersebut disebabkan oleh saluran ASI tersumbat.

Penyumbatan saluran ASI dapat terjadi ketika produksi ASI lebih cepat daripada kemampuan bayi dalam menyusu. Sehingga ASI menumpuk pada saluran ASI di payudara dan mengakibatkan peradangan serta pembengkakan di sekitar saluran hingga menyumbat aliran air susu.

Jadi alangkah lebih baik jika bunda memompa ASI dan menyimpannya di kulkas atau membuangnya supaya tidak mengganggu saluran ASI. Selain itu, saluran ASI tersumbat juga bisa disebabkan oleh cara menyusu bayi yang kurang sempurna.

Nah, jika bunda sedang mengalami masalah di atas ada baiknya dikonsultasikan ke dokter atau melakukan beberapa cara alternatif berikut.

1. Perbanyak minum air putih

Kebutuhan air putih harian untuk orang dewasa disarankan sebanyak 8 gelas. Tapi pada busui disarankan lebih dari 10 gelas per hari. Hal ini dimaksudkan untuk membantu memperlancar aliran ASI.

Air putih. (pixabay)
Air putih. (pixabay)

2. Memijat dan mengompres payudara
Melakukan pijatan pada payudara dapat mengurangi sumbatan. Bunda juga dapat mengompres payudara dengan air hangat untuk membantu mengatasi saluran ASI tersumbat.

3. Memperbaiki cara menyusu si kecil

Salah satu penyebab saluran ASI tersumbat adalah cara menyusu bayi yang kurang sempurna. Nah, coba bunda perhatikan ketika si kecil menyusu.

Jika menurut bunda kurang tepat, maka cobalah untuk meminta bantuan teman atau pakar untuk membetulkan posisi.

Tiga cara mengatasi saluran ASI tersumbat di atas nampaknya cukup mudah dilakukan. Jadi, tidak perlu panik ya, Bun.

Berita Terkini