Anak

Tiga Kebiasaan Orangtua yang Berdampak Buruk bagi Anak

Salah satunya adalah memberikan segala fasilitas untuk menunjang kegiatan anak.

Rauhanda Riyantama | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Ilustrasi anak bermain gadget dengan ortu. (pixabay)
Ilustrasi anak bermain gadget dengan ortu. (pixabay)

Himedik.com - Semua orangtua menginginkan yang terbaik untuk anaknya. Tak jarang hal itu membuat mereka memberikan segala fasilitas yang mungkin terkesan mewah sebagai penunjang aktivitas harian buah hati.

Padahal hal itu tak selamanya berdampak baik bagi anak. Nah, berikut telah dirangkum apa saja kebiasaan orangtua yang dapat berdampak buruk bagi tumbuh kembang anak.

1. Memberikan barang mewah

Memanjakan anak dengan segudang barang mewah memang tidak salah. Tapi jangan berlebihan karena ini bisa membuat anak manja dan memiliki sifat materialistis. Sebaliknya ajarkan anak untuk selalu bersyukur dengan apa yang telah ia miliki.

2. Membiarkan anak bermain gadget

Membiarkan anak bermain gadget merupakan cara instan para orangtua supaya anak mau duduk manis dan tenang. Padahal penggunaan gadget bisa berdampak buruk bagi perkembangan si kecil.

Ia akan menjadi acuh dengan lingkungan sekitar, kurang bersosialisasi, hanya fokus pada gadget, dan bukan tak mungkin membuatnya malas belajar. Maka dari itu sebaiknya hindari si kecil bermain gadget. Jikalau memang tidak bisa, batasi dan selalu awasi penggunannya.

Ilustrasi anak bermain gadget tanpa pengawasan ortu. (pixabay)
Ilustrasi anak bermain gadget tanpa pengawasan ortu. (pixabay)

3. Memberikan snack yang minim gizi

Asal anak tidak rewel, beberapa orangtua tidak keberatan memberikan anak mereka snack. Padahal snack umumnya minim gizi, sedangkan anak membutuhkan nutrisi yang cukup setiap harinya untuk tumbuh kembangnya.

Perlu disadari bahwa bentuk kasih sayang orangtua pada anaknya memang berbeda-beda. Ada yang keras atau malah menuruti semua kemauan anaknya. Namun ketahuilah, cara didikan yang keliru akan membuat tumbuh kembang anak menjadi terganggu.

Berita Terkait

Berita Terkini