Anak

5 Bahan Alami untuk Hilangkan Bekas Gigitan Nyamuk pada Bayi

Salah satunya menggunakan kulit pisang.

Rima Sekarani Imamun Nissa | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Pisang. (pixabay)
Pisang. (pixabay)

Himedik.com - Kulit bayi biasanya sangat sensitif. Saking sensitifnya, terkadang bekas gigitan nyamuk yang ada di sekujur lengan, kaki, atau pipinya akan sangat terlihat. Meskipun nampak tidak menyakitkan, hal tersebut membuat siapapun yang melihatnya menjadi tak tega.

Nah, untuk mengatasinya, berikut telah dirangkum beberapa bahan alami untuk hilangkan bekas gigitan nyamuk pada si kecil.

1. Air lemon

Siapkan satu buah lemon segar untuk diambil airnya. Ambil air perasan tersebut menggunakan kapas lalu oleskan pada kulit bayi yang ada bekas gigitan nyamuk.

2. Kantong teh celup

Perlu kamu tahu nih, tidak hanya sebagai penghilang bekas gigitan, kantong teh celup juga bisa mengurangi gatal-gatal, lho. Caranya, simpan dulu bekas kantong teh celup di kulkas. Setelah dingin, celupkan kantong di air bersih dan sapukan pada kulit yang ada bekas gigitan.

3. Lidah buaya

Siapa sangka lidah buaya juga bisa menghilangkan bekas gigitan nyamuk? Caranya, ambil daging (gel) lidah buaya, lalu oleskan pada bagian yang diinginkan. Sangat mudah bukan?

Tanaman lidah buaya. (pixabay)
Tanaman lidah buaya. (pixabay)

4. Madu

Sudah menjadi rahasia umum bahwa madu dapat mengobati segala penyakit, termasuk menghilangkan bekas gigitan nyamuk.

Caranya mudah, cukup oleskan madu ke kulit yang ada bekas gigitan nyamuk. Biarkan hingga madu kering, lalu bersihkan dengan air.

5. Kulit pisang

Tahukah kamu bahwa kulit pisang mengandung zat anti inflamasi yang mampu mengurangi bengkak dan rasa gatal? Begitu pula dengan bekas gigitan nyamuk, bisa dihilangkan dengan memanfaatkan kulit pisang.

Caranya, gosokkan perlahan bagian dalam kulit pisang ke kulit si kecil yang terdapat bekas gigitan. Ingat, kulit pisangnya tidak perlu dicuci ya, bun.

Itu dia beberapa cara sederhana dan alami untuk menghilangkan bekas gigitan nyamuk pada bayi. Semoga bermanfaat!

Berita Terkini