Anak

Wajah Bayi Mirip Sang Ayah? Ini Keuntungannya

Siapa yang wajahnya mirip sang ayah, nih?

Rima Sekarani Imamun Nissa | Yuliana Sere

Ilustrasi. (Unsplash)
Ilustrasi. (Unsplash)

Himedik.com - Pernah lihat bayi yang baru lahir terlihat mirip sang ayah? Bayi mirip ayah ternyata diketahui memiliki beberapa manfaat, khususnya ketika usianya mencapai satu tahun.

Studi yang telah diterbitkan di Journal of Health Economics mengatakan bayi akan lebih sehat jika ia mencapai usia satu tahun.

Tidak hanya itu, bayi yang mirip sang ayah umumnya juga cenderung terhindar dari masalah kesehatan seperti asma dan berisiko kecil untuk masuk rumah sakit. Hal itu kemungkinan terjadi karena ada keterikatan dengan sang ayah secara genetik.

Dilansir dari Daily Mail, penelitian ini melibatkan sebanyak 456 keluarga. Mereka meneliti bayi yang baru lahir selama tiga hari.

Ilustrasi. (Unsplash)
Ilustrasi. (Unsplash)

Mereka menemukan sejumlah bayi yang mirip dengan ayahnya. Hasilnya, bayi mirip ayah diketahui memiliki kesehatan yang lebih baik.

Hal ini dijelaskan oleh Profesor Solomon Polachek dari Binghamton University, New York, Amerika Serikat, selaku penulis studi.

''Indikator kesehatan anak membaik ketika ia memiliki wajah mirip sang ayah,'' ungkapnya.

Solomon juga mengatakan peran ayah sangat penting dalam perkembangan anak khususnya kesehatannya.

Selain itu, dalam penelitian lain, sosok ayah juga punya pengaruh besar dalam meningkatkan kecerdasan anak.

Ayah yang sering mengajak anak bermain, bernyanyi atau membacakan buku sebelum tidur juga punya peran penting dalam perkembangan kecerdasan anak. Nilai akademik anak bisa ditingkatkan. Hal itu dibuktikan melalui penelitian pada tahun 2002.

Sementara itu, penelitian di tahun 2012 mengungkapkan anak perempuan yang dekat dengan sang ayah akan lebih percaya diri serta akan memiliki kepuasan hidup yang lebih baik.

Berita Terkait

Berita Terkini