Anak

Lahir dengan Bobot 9 Ons, Bayi Ini Hanya Sebesar Kepalan Tangan

Tubuh bayi Tyke bahkan bisa digendong hanya dengan telapak tangan.

Vika Widiastuti

Ilustrasi popok bayi - (Unsplash/rawpixel)
Ilustrasi popok bayi - (Unsplash/rawpixel)

Himedik.com - Setiap orang tua pasti ingin bayinya lahir dalam kondisi sehat dan berat badan yang ideal. Namun, bayi Tyke lahir hanya berbobot tubuh hanya 9 ons.

Jauh dari berat badan ideal bayi sehat yang berkisar di tiga kilogram. Namun setelah 24 minggu perawatan yang intensif bayi Tyke tumbuh lebih sehat dengan bobot 3,2 kilogram.

Bayi Tyke sendiri lahir ke dunia pada Agustus 2018 lalu di Tokyo. Saking kecilnya, tubuh bayi Tyke bahkan bisa digendong hanya dengan telapak tangan. Ia lahir lewat persalinan caesar.

Takeshi Arimitsu, dokter yang membantu lahirnya baby Tyke di Universitas Kedokteran Keio, Jepang mengingatkan bagi para ibu yang melahirkan bayi dengan bobot yang kecil jangan putus asa dulu.

Dengan perawatan yang intensif, bayi bisa kembali ke rumah dengan kondisi kesehatan yang lebih stabil.

Ilustrasi bayi yang baru dilahirkan (Shutterstock).
Ilustrasi bayi yang baru dilahirkan (Shutterstock).

"Saya ingin orang-orang tahu bahwa bayi dapat kembali ke rumah dengan kondisi yang sehat bahkan jika mereka dilahirkan kecil," ujar dr Arimitsu, dikutip Suara.com dari NY Post.

Menurut situs web kehamilan What to Expect, berat rata-rata bayi yang baru lahir sendiri berkisar antara 2,2 hingga 4,5 kilogram.

Bayi terkecil di dunia yang pernah dilaporkan adalah seorang bayi perempuan yang lahir di Jerman pada 2015 dengan berat di bawah 9 ons. (Suara.com/Firsta Nodia)

Berita Terkait

Berita Terkini