Anak

Benarkah IQ Tinggi Menjamin Kesuksesan Seseorang?

Nishi Uggalle memiliki IQ yang lebih tinggi dari Einstein.

Rima Sekarani Imamun Nissa | Yuliana Sere

Asah otak dengan bermain catur. (Pixabay/jarmoluk)
Asah otak dengan bermain catur. (Pixabay/jarmoluk)

Himedik.com - Nishi Uggalle (12) memenangkan program Mastermind junior dan dinobatkan sebagai anak genius karena dikatakan memiliki IQ yang lebih tinggi dari Einstein.

Melansir dari The Guardian, Einstein dikatakan memiliki skor IQ 160+ yang dianggap setara dengan tingkat jenius.

Ketika Nishi diuji hampir tiga tahun lalu oleh Mensa, sebuah organisasi keanggotaan untuk orang-orang dengan IQ sangat tinggi, ia mencetak 162, skor tertinggi dalam tes yang ia ikuti.

Kinerja peserta tes dinilai terhadap rata-rata untuk kelompok usia yang sama, berdasarkan serangkaian tes yang berkonsentrasi pada pengenalan pola, logika dan kemampuan memecahkan masalah.

Patokan untuk seluruh kelompok adalah 100 dan kebanyakan orang berada dalam kisaran antara 70 hingga 130. Hanya 2,5% yang diperkirakan memiliki IQ di atas 130. Mensa cuma menerima anggota yang berada di 2% teratas dari yang diuji.

Anak baca buku. (Pixabay/khamkhor)
Anak baca buku. (Pixabay/khamkhor)

Tujuan dari tes IQ bukan untuk mengukur pengetahuan, tetapi kemampuan individu untuk belajar dan kecepatan mereka dalam menyerap informasi.

Juru bicara Mensa mengklaim ada korelasi kuat antara IQ tinggi dan kesehatan yang baik, umur panjang, dan kesuksesan karier.

Disamping itu, dia juga menerima IQ tinggi yang dapat menghasilkan isolasi sosial. Salah satu tujuan Mensa adalah menyatukan anak-anak berbakat karena kelompok umum mereka mungkin menganggap mereka sedikit aneh.

''Saya tahu banyak pemain catur yang adalah pemecah masalah yang brilian tetapi hampir tidak bisa mengatasi kehidupan 'nyata'. Apa itu kecerdasan? Itu tetap menjadi kunci, pertanyaan yang belum terjawab,'' tandasnya.

Namun kembali lagi, kesuksesan bukan hanya sekadar dilihat dari seberapa tingginya IQ seseorang tetapi juga tentang personality dan attitude.

Berita Terkait

Berita Terkini