Rabu, 13 November 2019

Video: Dapat 'Tangan' Baru, Ekspresi Bocah Ini Mengharukan

Bocah ini dilahirkan tanpa lengan kanan.

Agung Pratnyawan | Yuliana Sere
Giulio Spaziani (3) memakai lengan bionik. (YouTube/Caters Clips)
Giulio Spaziani (3) memakai lengan bionik. (YouTube/Caters Clips)

Himedik.com - Sebuah video mengharukan memperlihatkan saat seorang bocah laki-laki berusia tiga tahun mencoba lengan bionik untuk pertama kalinya.

Melansir dari dailymail, Giulio Spaziani (3) dari Pomezia, Italia, lahir tanpa tangan kanannya.

Namun dokter telah memberinya tangan palsu. Tangan itu dapat ia kontrol menggunakan sinyal listrik dari otaknya seolah-olah itu adalah tangan asli.

Dalam video yang dilansir dari akun YouTube Caters Clips, bocah itu terlihat menyeringai ketika dia membuka dan menutup tangan dengan gerakan meraih.

Ia juga menunjukkan kepada ibunya ketika dia bisa mengambil penggaris tanpa bantuan.

Dalam bahasa Italia, Giulio menatap ke arah kamera sambil berkata, "Wow, apakah Anda melihat, bu?"

Lengan bionik menempel pada lengan atasnya dan dengan prostetik yang dirancang agar terlihat seperti tangan normal dan dikendalikan oleh sinyal saraf.

Giulio mampu membuka dan menutup tangannya tetapi tidak menggerakkan jarinya saat di klinik di Palestrina, dekat Roma.

Ibu Giulio, Samuela Sarda, mengatakan, "Bagi banyak orang ini bisa terlihat seperti gerakan mekanis sederhana, tetapi bagi seseorang yang tidak memiliki tangan, ini adalah keajaiban."

Sarda mengatakan putranya sekarang menjadi lebih dan lebih mandiri berkat lengan bionik dengan tangan yang dapat digerakkan melalui sinyal listrik.

Setelah mencoba tangan itu dan mengambil penggaris, Giulio bertanya kepada dokternya, Daniele Zenardi, apakah dia bisa tetap mengenakan prostetiknya.

Ibunya menceritakan, ketika Giulio lahir, ketidakmampuannya sangat mengejutkan bagi dia dan ayah Giulio, Massimo.

Ms Sarda menambahkan, "Ketika hal-hal ini terjadi, Anda membiarkan mereka menghampiri Anda dan hidup tidak bahagia, atau Anda berdiri dan berjuang dan hidup menjadi lebih indah dari sebelumnya.

"Ketika Giulio lahir, saudaranya, Leonardo, ada di rumah menunggu kami, dan itulah yang memberi kami kekuatan untuk kembali dan mulai berjuang untuk membuat hidup Giulio menjadi normal dan bahagia," tandasnya.

Lihat videonya.

Terkait

Terkini