Kamis, 21 November 2019

Baru Lahir, Bayi Ini 'Hamil' Saudara Kembarnya

Fenomena ini disebut foetus-in-fetu atau janin dalam janin.

Rauhanda Riyantama | Eleonora Padmasta Ekaristi Wijana
Bayi mengandung bayi - (Facebook/Freddy Peña Noticias)
Bayi mengandung bayi - (Facebook/Freddy Peña Noticias)

Himedik.com - Seorang bayi perempuan lahir dalam kondisi 'hamil'. Ternyata bayi dalam perutnya itu adalah saudara kembarnya sendiri.

Gadis kecil bernama Itzamara itu lahir pada Jumat, 22 Februari 2019 di Kolombia dalam kondisi yang sangat langka, yang disebut foetus-in-fetu (janin dalam janin). Kondisi itu pertama kali digambarkan pada 1808, tetapi kemudian jarang terjadi lagi.

The Sun mengabarkan, Kamis (21/3/2019), para petugas medis berhasil melakukan pembedahan untuk mengambil saudara kembar Itzamara. Menurt media setempat, bayi dalam perut Itzamara itu memiliki kondisi cacat karena tidak punya otak atau detak jantung dan hanya berukuran 45 milimeter, dengan berat 14 gram.

Ibu Itzamara, Monica Vega, mengungkapkan bahwa dokter mendeteksi sesuatu di dalam perut bayinya ketika usaia kehamilannya hampir mencapai tujuh bulan.

Diberitakan Los Informantes, kembaran bayi perempuan itu tumbuh di dalam perutnya di kantung amnionnya sendiri, dengan tali pusat dan lengan serta kaki.

Dokter Miguel Parra yakin, ini adalah kali pertama terjadinya fenomena foetus-in-fetu. "Saya belum pernah mendengar hal seperti ini sepanjang hidup saya. Saya benar-benar tidak berharap ini terjadi," katanya.

Dokter memutuskan untuk melahirkan bayi perempuan itu di minggu ke-37, sehingga janin di dalam perutnya tidak akan terus tumbuh hingga memengaruhi organ-organnya. Itzamara berhasil dilahirkan dan dilaporkan dalam kondisi stabil setelah menjalani operasi pengangkatan saudara kandungnya yang cacat.

Berdasarkan laporan media setempat, situasi ini terjadi sekali dalam setiap 200.000 kehamilan.

Jika embrio membelah pada minggu kedua, bayi mungkin akan menjadi kembar siam. Dalam hal ini, embrio terbelah setelah hari ke-17.

Bayi perempuan itu saat ini sedang dalam pemulihan di rumah sakit dan dikatakan dalam kondisi sehat.

Terkait

Terkini