Selasa, 17 September 2019

Ini Alasan Orangtua Tidak Boleh Menggoda Anak soal Pacar

Orangtua wajib baca.

Rima Sekarani Imamun Nissa | Yuliana Sere
Ilustrasi menghabiskan waktu bersama anak. (pixabay/skeeze)
Ilustrasi menghabiskan waktu bersama anak. (pixabay/skeeze)

Himedik.com - Ketika anak-anak masih sangat muda, mereka sering merasa sangat mudah untuk memiliki banyak teman bermain, tidak peduli laki-laki atau perempuan. Orangtua tidak seharusnya buru-buru dalam bertanya soal pacar.

Melansir dari mirror, balita mudah berteman dengan siapa saja karena mereka tidak terlalu tahu banyak tentang stereotip gender sampai mereka menjadi lebih dewasa.

Menurut Vanessa LoBue, asisten profesor Psikologi di Rutgers University di New Jersey, stereotip gender dapat menghambat tumbuhnya persahabatan antara anak laki-laki dan perempuan.

''Dalam penelitian saya sendiri, saya telah menemukan bahwa anak-anak tidak mulai memperhatikan dan mengadopsi perilaku stereotip gender, misalnya lebih suka warna seperti pink atau biru sampai usia dua atau tiga tahun.''

''Begitu itu dipelajari, mereka mulai melihat perbedaan di antara mereka dan menjadi sadar akan hal itu,'' tuturnya kemudian.

Ini Saat yang Tepat Bagi Orangtua Untuk Ikut Campur Saat Anak Bertengkar. (unsplash)
Ini Saat yang Tepat Bagi Orangtua Untuk Ikut Campur Saat Anak Bertengkar. (unsplash)

Selain itu, salah satu hal utama yang dapat menghalangi persahabatan antara anak laki-laki dan perempuan adalah tekanan awal yang orangtua lakukan dalam hubungan, yakni dengan menyebut teman anak mereka sebagai pacar.

Menggoda anak tentang hal tersebut, ketika mereka tidak sepenuhnya memahami apa arti istilah pacar, dapat menyebabkan mereka merasa malu dan menghindar dari persahabatan yang berkembang.

Elissa Strauss, ahli pengasuh anak berpendapat mungkin lebih baik untuk mendorong persahabatan antara anak laki-laki dan perempuan tanpa memberi label pacar.

Ilustrasi anak main HP (Pixabay/Andi_Graf)
Ilustrasi anak main HP (Pixabay/Andi_Graf)

Selain itu, dia juga mengatakan bahwa ada berbagai manfaat yang bisa didapat dari persahabatan antara cowok dan cewek. Ini termasuk belajar tentang menyelesaikan konflik dan meningkatkan hubungan romantis di kemudian hari.

Hal itu karena secara tradisional anak perempuan lebih suka berbicara daripada anak laki-laki yang lebih suka fokus pada aturan daripada perasaan. Bermain dengan anak perempuan juga dapat mendorong mereka untuk lebih terbuka.

Psikolog Michael C. Reichert menambahkan, ''Jika anak laki-laki dapat mempertahankan hubungan persahabatan dengan anak perempuan, maka mereka bisa menuju ke hubungan romantis yang jauh lebih siap untuk keintiman, daripada hanya kepuasan seksual.''

Terkait

Terkini