Selasa, 17 September 2019

Anak Susah Disuruh Belajar? Kenali Penyebab dan Solusinya

Psikolog Anak Vera Itabiliana Hadiwidjojo ungkap solusi agar anak senang belajar.

Vika Widiastuti
Ilustrasi anak belajar (Unplash/Peter Hershey)
Ilustrasi anak belajar (Unplash/Peter Hershey)

Himedik.com - Mengajak anak untuk belajar memang gampang-gampang susah. Hal itu karena terkadang banyak anak yang justru malas atau tidak semangat saat diajak untuk belajar.

Menanggapi hal ini, Psikolog Anak, Vera Itabiliana Hadiwidjojo mengungkap, sebenarnya ini adalah hal yang wajar yang hampir dihadapi oleh semua orang tua. Biasanya, lanjut dia, terjadi karena beberapa faktor.

"Kenapa anak suka malas atau tidak semangat belajar? Faktornya bisa jadi karena gaya belajarnya ngga pas. Misalnya anak yang kinestetik suka gerak, diajak belajar dengan duduk, diam, baca buku. Ini agak susah. Jadi, gaya belajarnya nggak pas sama gayanya si anak, anak jadi malas," ujar dia dalam acara Hansaplast "First Aid Rescue" Establishment di Kidzania Jakarta, Senin (25/3/2019) diberitakan Suara.com.

Selain itu, lanjut Vera, hal lainnya yang membuat anak ogah-ogahan belajar sesuatu adalah kareja faktor waktu belajar yang juga tidak pas dengan suasana hati. Misalnya kata dia, anak diajak belajar pukul 16.00 sore, waktu di mana film kartun favoritnya sedang tayang.

Ilustrasi belajar berhitung (Pixabay/geralt)
Ilustrasi belajar berhitung (Pixabay/geralt)

 

Ini membuat anak menjadi tidak fokus menerima informasi baru. Hal lainnya adalah cara belajar atau metode belajarnya yang membosankan. Anak, sudah belajar dengan diam, duduk, dan memperhatikan guru di sekolah. Saat di rumah, kata Vera diusahakan jangan gaya belajar seperti di sekolah yang diterapkan.

"Cara belajar sambil bermain bisa bikin anak semangat. Anak itu akan belajar dengan senang hati jika tanpa paksaan. Begitu kepaksa, otaknya tegang, informasi baru ga akan masuk," ujar Vera lagi.

Karena itu, dalam mengajak anak belajar, Vera mengatakan, mau tau mau orang tua dituntut untuk lebih kreatif dan pintar. Salah satunya memang menyisipkan pelajaran lewat dunianya, yakni dunia bermain.

Ilustrasi belajar dengan cara yang menyenangkan (Pixabay/Mojpe)
Ilustrasi belajar dengan cara yang menyenangkan (Pixabay/Mojpe)

 

Ketika anak senang, kata dia akan ada hormon yang keluar, seperti hormon dopamin dan seretonin yang bikin anak semangat dan atraktif atau mau terlibat dalam aktifitas belajar itu.

"Hormon inilah yang akan meningkatkan kemauan anak untuk mau belajar," tutup Vera.

Jadi jangan langsung menyerah untuk mengajak anak belajar, kenali kenapa ia malas dan lakukan trik di atas.  (Suara.com/Dinda Rachmawati)

Terkait

Terkini