Selasa, 17 September 2019

Jangan Dibuang, Gigi Susu Anak Sangat Bermanfaat untuk Masa Depan

Apa saja manfaat gigi susu?

Rima Sekarani Imamun Nissa | Yuliana Sere
Ilustrasi dokter gigi (Pixabay/jarmoluk)
Ilustrasi dokter gigi (Pixabay/jarmoluk)

Himedik.com - Biasanya, saat gigi susu anak terlepas, spontan orangtua atau anak sendiri langsung membuangnya. Kenyataannya, gigi susu ini sangat berguna.

Melansir dari mirror, walaupun menyimpan gigi susu tampaknya tidak sehat, namun ini bisa menyelamatkan hidup anakmu suatu hari. Memangnya, apa manfaat gigi susu?

Pasalnya, gigi susu berkaitan dengan sel-sel induk yang ditemukan di sumsum tulang. Menurut Pusat Informasi Bioteknologi Nasional Amerika Serikat, gigi bayi dikemas dengan sumsum tulang.

Ilustrasi gigi (Pixabay/Kjerstin_Michaela)
Ilustrasi gigi (Pixabay/Kjerstin_Michaela)

Sel-sel induk dalam gigi susu dapat digunakan untuk mengobati kanker dan diabetes. Sel ini juga menghasilkan jaringan baru serta menumbuhkan tulang.

Mengekstraksi sel induk melalui sumsum tulang bisa menjadi prosedur yang sangat menyakitkan bagi pasien. Namun dengan gigi bayi, sumsum tulang dapat diakses lebih mudah.

Bayi tumbuh gigi. (Pixabay/Mojpe)
Bayi tumbuh gigi. (Pixabay/Mojpe)

Terlebih lagi, sel ini masih dapat digunakan bahkan jika gigi tersebut berumur 10 tahun.

Manfaat lain dari sel induk yang didapat dari gigi bayi adalah gigi bayi tidak terkena keausan lingkungan, yang berarti sel-selnya masih dalam kondisi baik.

Sel induk yang berasal dari gigi bayi juga bisa berguna untuk memperbaiki cedera gigi seperti gigi yang sudah tak berfungsi.

Terkait

Terkini