Selasa, 17 September 2019

Bocah Ini Gendong Sahabatnya yang Lumpuh Selama 6 Tahun

Salut! Persahabatan seperti ini yang patut dijaga.

Galih Priatmojo | Yuliana Sere
Pengawasan orangtua terhadap barang yang digunakan anak untuk bermain harap selalu diperhatikan. (Unsplash/
Michał Parzuchowski)
Pengawasan orangtua terhadap barang yang digunakan anak untuk bermain harap selalu diperhatikan. (Unsplash/ Michał Parzuchowski)

Himedik.com - Seorang siswa kelas enam di Cina selatan mendapat pujian atas tindakan kepada sahabatnya yang lumpuh.

Xu Bingyang (12) menggendong sahabatnya, Zhang Ze ke sekolah mereka di Meishan, provinsi Sichuan setiap hari selama enam tahun, dikutip dari nextshark.

Zhang didiagnosis menderita myasthenia gravis, suatu kondisi neuromuskuler yang menyebabkan kelemahan pada otot rangka, menurut National Institutes of Health.

Bagian-bagian tersebut termasuk lengan dan kaki, dan untuk alasan ini, Zhang tidak dapat bergerak sejak usia 4 tahun. Xu dan Zhang bertemu selama kelas satu, dan sejak itu, Xu telah menawarkan bantuan kepada sahabatnya.

"Aku lebih besar darinya. Aku pikir jika aku tidak membantunya, tidak ada orang lain yang mau," tutur Xu.

Xu tidak hanya membawa Zhang ke sekolah namun ia juga membantunya ke beberapa tempat.

Ia membantu sahabatnya mengambil makan siang, mengerjakan pekerjaan rumah, berpindah antar kelas, naik tangga dan pergi ke toilet.

Meskipun hari-hari mereka tidak selalu mudah, Xu tetap berkomitmen untuk membantu sahabatnya.

"Saya memiliki berat lebih dari 40 kilogram dan Zhang hanya memiliki berat sekitar 25 kilogram, jadi saya tidak memiliki masalah untuk membawanya," lanjutnya.

Di tiga tahun pertama sekolah dasar mereka, teman sekelasnya yang lain membantu Zhang bergerak, tetapi ia tidak lagi bermain setelah menyadari bahwa dirinya tidak bisa bergabung bersama mereka.

“Bagi seorang anak, tidak ada yang lebih menggoda daripada bermain. Tapi Xu Binyang tetap menjadi 'tongkat' Zhang Ze dari kelas satu hingga kelas enam,” kata seorang guru yang menggambarkannya sebagai orang yang rendah hati, pekerja keras dan sangat dewasa.

Kebaikan Xu yang tak henti-hentinya telah menyentuh hati banyak warganet di media sosial Tiongkok.

Banyak dari mereka yang berharap bahwa mereka bisa memiliki teman yang sama seperti Xu.

Terkait

Terkini