Selasa, 17 September 2019

Wanita Ini Melahirkan Bayi Kembar Beda Ayah, Begini Kronologisnya!

Seorang wanita melahirkan bayi kembar beda ayah karena perbuatannya di luar rumah.

Rauhanda Riyantama | Shevinna Putti Anggraeni
Ilustrasi seorang ibu melahirkan bayi kembar dari ayah yang berbeda. (Pexels/Dominika Roseclay)
Ilustrasi seorang ibu melahirkan bayi kembar dari ayah yang berbeda. (Pexels/Dominika Roseclay)

Himedik.com - Baru-baru ini seorang wanita asal New Jersey menghebohkan publik mengenai cerita di balik kelahiran dua anak kembarnya. Ia dikabarkan telah melahirkan dua anak kembar dari ayah berbeda.

Lahirnya dua bayi kembar dari ayah yang berbeda ini tentu sebuah fenomena langka. Tetapi, ini sungguh terjadi dan biasanya disebut superfekundasi heteropaternal.

Melansir dari businessinsider.com, superfekundasi heteropaternal ini adalah sebuah kondisi ada dua sperma dari pria yang berbeda telah membuahi dua sel telur berbeda dari wanita yang sama.

Mulanya, wanita asal New Jersey ini terheran dan merasa aneh ketika melihat dua bayi kembarnya secara lebih detail. Ia melihat dua bayinya yang dilahirkan bersamaan memiliki wajah yang berbeda.

Ia melihat hanya satu bayi yang mirip dengan wajah suaminya. Perbedaan di antara bayi kembarnya itu pun membuat dirinya dan suami terheran.

Seorang ibu melahirkan bayi kembar berbeda ayah (Pixabay/badelcap)
Ilustrasi seorang ibu melahirkan bayi kembar berbeda ayah. (Pixabay/badelcap)

Setelah dilakukan pemeriksaan, ternyata hasil tes DNA menyatakan bahwa dua bayi kembar itu berasal dari sperma dua laki-laki berbeda yang membuahi dua sel telur wanita itu.

Wanita sekaligus ibu dari bayi kembar itu pun akhirnya membuat pengakuan bahwa ia pernah bercinta satu malam dengan lelaki lain dan mungkin saja lelaki itulah ayah dari salah satu anak kembarnya.

Fenomena superfekundasi heteropaternal atau pembuahan dari dua sperma sekaligus ini memang jarang sekali terjadi. Fenomena ini biasanya terjadi jika sperma dari dua lelaki itu membuahi dua sel telur berbeda dari wanita yang sama dalam waktu satu minggu.

Jika pembuahan terjadi dalam kurun waktu satu minggu, maka jelas saja jika perempuan bisa hamil anak kembar dari dua ayah yang berbeda.

Dokter menyatakan waktu satu minggu itu ditentukan dari lamanya sperma bisa bertahan, yakni sekitar lima hari di rahim.

Terkait

Terkini