Selasa, 17 September 2019

Tidur Siang Buruk untuk Balita 2 Tahun, Ini Waktu yang Pas sesuai Usia

Durasi waktu tidur yang tidak tepat sesuai usia anak bisa berdampak buruk pada kesehatan dan pskologisnya.

Rima Sekarani Imamun Nissa | Shevinna Putti Anggraeni
Ilustrasi bayi tidur. (pixabay/PublicDomainPictures)
Ilustrasi bayi tidur. (pixabay/PublicDomainPictures)

Himedik.com - Sebagian besar orangtua mungkin masih mewajibkan anak-anaknya tidur siang agar tidak kelelahan dan rewel. Nyatanya, kebiasaan tidur siang yang tidak sesuai porsi usia anak malah bisa memberikan dampak buruk.

Tidur siang memang sangat baik untuk menjaga kesehatan anak-anak kecil. Perkembangan fisik dan mental terjadi pada anak usia dini dan tidur siang memberikan downtime yang sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan.

Sayangnya, kebiasaan tidur siang ini juga mempengaruhi kualitas tidur anak di malam hari. Contohnya, bagi balita yang tidur siang selama 2 jam, mungkin saja hanya memiliki durasi tidur malam 9 jam. Berbeda dengan anak yang tidak atau jarang tidur siang mungkin bisa tidur malam 13 jam.

Dampak buruk tidur siang bagi anak di atas dua tahun ini pun dikonfirmasi oleh seorang profesor Karen Thorpe dari Queensland University of Technology.

Ilustrasi bayi tidur. (pixabay/Zinz25)
Ilustrasi bayi tidur. (pixabay/Zinz25)

''Orang tua tidak boleh berasumsi bahwa tidur siang dan tidur malam adalah sama dan oleh karena itu membuat mereka tidur siang, maka mereka tidur lebih banyak, karena itu tidak pernah terjadi.''

''Ini sama saja kamu mengacaukan tidur malam mereka,'' katanya dikutip dari Mirror.

Meski begitu, waktu tidur siang bagi anak-anak di bawah 2 tahun dengan durasi waktu yang tidak sesuai juga bisa berdampak buruk.

Melansir dari kidshealth.org, berikut ini durasi tidur siang yang pas bagi anak-anak di bawah 2 tahun dan setelahnya.

1. Baru lahir - 6 bulan

Bayi baru lahir hingga usia 6 bulan membutuhkan waktu tidur 14-18 jam per hari dan mungkin terbangun untuk makan setiap 1-3 jam.

Ketika memasuki usia 4 bulan, durasi tidur mereka akan berubah sedikit. Mereka akan memiliki waktu tidur 9-12 jam di malam hari dan hanya bangun beberapa kali untuk makan.

Sedangkan untuk tidur siang mereka membutuhkan durasi sekitar 30 menit hingga 2 jam.

2. Usia 6 - 12 bulan

Bayi usia ini membutuhkan waktu tidur 14 jam per hari. Biasanya mencakup tidur siang cukup 20 menit dan sisanya untuk tidur malam yang panjang.

Pada usia ini bayi memang dikondisikan agar tidak terlalu sering bangun malam hari karena bisa menyebabkan gangguan tidur dan meningkatkan kecemasan.

3. Balita 1 - 3 tahun

Balita di rentan usia 1-3 tahun ini membutuhkan waktu tidur 12-14 jam per hari. Durasi itu sudah termasuk jatah tidur siang 1-3 jam. Tetapi, balita di rentan usia ini tidak boleh tidur siang terlalu sering.

Selain itu, jeda waktu tidur siang dan tidur malam mereka tidak boleh berdekatan karena itu bisa menimbulkan gangguan tidur. Contohnya, anak baru tidur siang di sore hari dan itu pasti akan mengganggu waktu tidur malamnya.

Pada usia ini pula kebiasaan tidur siang anak mulai dikurangi agar tidak berdampak buruk seiring berjalannya waktu.

Terkait

Terkini