Kamis, 21 November 2019

Raditya Dika Potong Ari-Ari Anaknya setelah 2 Jam, Ternyata Ini Manfaatnya

Raditya Dika bercerita ari-ari anaknya tidak langsung dipotong dan sesansinya memotong sendiri plasenta anaknya saat pertama kali.

Rima Sekarani Imamun Nissa | Shevinna Putti Anggraeni
Raditya Dika dan Anissa Aziza - (Instagram/@anissaaziza)
Raditya Dika dan Anissa Aziza - (Instagram/@anissaaziza)

Himedik.com - Raditya Dika dan istrinya, Anissa Aziza, akhirnya menceritakan proses persalinan anak pertamanya. Salah satu momen tak terlupakan adalah saat mereka melihat wujud dan memotong plasenta atau ari-ari anaknya.

Mulanya, Raditya Dika dan Anissa Aziza menceritakan proses persalinan yang cukup menegangkan hingga terdengar suara tangisan bayi sebagai tanda anak mereka telah lahir selamat.

Raditya Dika pun menceritakan saat itu dokter langsung membersihkan tubuh anaknya dan meletakkan di dada Anissa Aziza selama beberapa jam.

''Begitu keluar dia langsung nangis, terus dokter bersihin sebentar langsung ditaruh ke dada ibunya selama 2 jam. Itu sebutannya IMD (Inisiasi Menyusui Dini),'' kata Raditya Dika, melalui channel Youtube pribadinya.

Anissa Aziza pun mengutarakan rasa bahagianya ketika pertama kali memeluk anaknya. Apalagi anaknya langsung terdiam dan terlihat tenang selama di dalam pelukannya.

Raditya Dika cerita rasanya memotong plasenta anaknya pertama kali (Instagram/@raditya_dika)
Raditya Dika cerita rasanya memotong plasenta anaknya pertama kali (Instagram/@raditya_dika)

''Jadi pas dikeluarin kan nangis, pas ditaruh di dada anteng banget,'' sahut Anissa Aziza.

Raditya Dika lantas menambahkan kalau saat itu ari-ari atau plasenta anaknya belum dipotong oleh dokter. Anissa Aziza sendiri sempat terheran ketika merasakan ada sesuatu yang mengganjal saat memeluk anaknya.

''Jadi kemarin itu kan aku tidur, lagi tiduran sama si bayi terus ada botol gitu kan. Apa sih ini, bisa nggak sih ditaruh sebelah aja kayak riweh gitu. Eh nggak tahunya itu ari-arinya belum putus,'' ujar Anissa.

Raditya Dika mengatakan dokter sengaja tidak memotong dan membiarkan dirinya memotong sendiri ari-ari anaknya setelah 2 jam Anissa Aziza melakukan IMD.

Ia juga mengatakan banyak pula orang yang memilih membiarkan ari-ari itu sampai berhari-hari dengan alasan yang tak diketahui. Tetapi, Raditya Dika memilih memotongnya setelah 2 jam IMD.

Anissa Aziza, istri Raditya Dika melahirkan anak pertama (Instagram/@raditya_dika)
Anissa Aziza, istri Raditya Dika melahirkan anak pertama (Instagram/@raditya_dika)

Hilda Hutcherson, dilansir dari treehugger.com, mengatakan belum ada bukti ilmiah tentang manfaat membiarkan ari-ari bayi sampai berhari-hari. Namun, menunda memotong ari-ari bayi selama beberapa menit atau jam memang memberikan manfaat tersendiri bagi kesehatan bayi.

Melansir dari whattoexpect.com, para peneliti telah mempelajari bahwa membiarkan tali pusar melakat hingga 45 detik mengurangi kemungkinan bayi membutuhkan tranfusi darah nantinya.

Penelitian ini kemudian kembali dikembangkan, yakni bagaimana jika tali pusar bayi sengaja tidak dipotong sampai lebih dari 1 menit. Ternyata hasilnya ada fakta yang lebih menarik lagi.

Plasenta yang dibiarkan melekat sampai lebih dari 1 menit setelah persalinan akan membuat bayi memiliki kadar hemoglobin dan zat besi yang lebih tinggi. Hal tersebut akan membantu perkembangan bayi dan mencegahnya menderita anemia. Dengan kata lain, jika plasenta bayi dipotong terlalu cepat, itu memungkinkan bayi lebih berisiko mengalami anemia nantinya.

Terkait

Terkini