Selasa, 17 September 2019

Baru Lahir, Bayi Ini Punya 2 Gigi yang Tumbuh Sempurna, Ini Langkah Dokter

Seorang ibu terkejut saat tahu bayi yang dilahirkannya sudah memiliki gigi.

Vika Widiastuti
Ilustrasi gigi bayi (Pixabay/Mojpe)
Ilustrasi gigi bayi (Pixabay/Mojpe)

Himedik.com - Seorang ibu yang baru melahirkan, Nerissa Woodward terkejut saat mengetahui putrinya yang baru lahir telah memiliki dua gigi yang terbentuk sempurna. Hal itu diketahuinya saat akan menyusui sang buah hati, Emilia Harper untuk pertama kalinya. 

Ia pun lantas memanggil dokter anak dan menanyakan mengapa hal ini bisa terjadi. Sang dokter, ungkap Woodward juga belum pernah melihat kasus ini sebelumnya.

Menurut Children's Hospital of Wisconsin, terbentuknya gigi sejak dalam kandungan disebut juga dengan gigi natal. Kondisi ini termasuk langka karena hanya terjadi satu setiap 2000 kelahiran bayi.

Gigi natal ini biasanya merupakan gigi primer bayi yang datang lebih awal, tetapi sering longgar dan dapat menimbulkan beberapa masalah bagi anak di kemudian hari.

Seorang bayi yang tengah tersenyum [shutterstock]
Ilustrasi seorang bayi yang tengah tersenyum. [shutterstock]

Alasannya gigi yang terbentuk sempurna sebelum saatnya dapat mengganggu pemberian ASI dan menimbulkan bahaya tersedak jika tiba-tiba gigi tanggal. Dokter biasanya akan menentukan langkah yang paling aman untuk mencabut gigi, seperti halnya yang terjadi pada anak perempuan Woodward.

"Setelah saya melapor, dokter melakukan pencabutan gigi satu jam setelah putri saya lahir. Mereka menggunakan air gula di jari mereka untuk melonggarkan gigi putri saya dan gigi itu kemudian tanggal," ujar Woodward.

Tiap kali dirinya menceritakan kisah bayinya yang memiliki gigi saat lahir, orang-orang pun sangat bingung. Woodward mengaku bahwa umumnya orang-orang berpikir bahwa dirinya tergolong beruntung karena umumnya anak-anak memiliki gigi ketika usia enam bulan.

Emilia sendiri dilahirkan melalui operasi caesar setelah dokter memastikan dia dalam posisi sungsang. Beratnya 3.9 kilogram, dan tidak memiliki masalah kesehatan yang apapun pasca kelahiran.

"Saya sangat terkejut ketika saya menyadari gadis kecil saya telah lahir dengan dua gigi. Segera setelah saya mengetahuinya, saya meminta pasangan saya untuk menghubungi dokter maupun bidan karena saya tidak percaya," pungkas Woodward seperti dilansir Suara.com dari Foxnews.

(Suara.com/Firsta Nodia)

Terkait

Terkini