Kamis, 23 Mei 2019

Viral Balita Dicekoki Minuman Bir, Ini Efeknya Pada Tubuh dan Otak Anak

Viral seorang wanita mencekoki balita minuman bir, ternyata ini sangat berbahaya bagi kesehatan dan otaknya.

Agung Pratnyawan | Shevinna Putti Anggraeni
Viral seorang ibu biarkan anaknya minum bir (Facebook/Dianjeng Sayank)
Viral seorang ibu biarkan anaknya minum bir (Facebook/Dianjeng Sayank)

Himedik.com - Seorang wanita tega memberikan anak balita minuman bir kalengan mendadak viral di media sosial. Padahal minuman beralkohol tersebut sangat berbahaya bagi anak di bawah umur, terlebih balita.

Dalam video singkat yang pertama kali diunggah Ineu Ftr itu memperlihatkan wanita tersebut seolah sengaja memberikan minuman bir kalengan kepada anak balita di pangkuannya. Bahkan ia membiarkan ketika anak itu mengambil sendiri bir kalengan tersebut dan menegaknya lagi.

Terdengar suara wanita lain yang berusaha menegurnya agar tak terlalu banyak memberikan anak balita tersebut minuman bir karena akan membuatnya mabuk.

Tetapi, wanita tersebut justru menyeletuk kalau caranya menyusui balita berbeda dengan wanita lainnya. Jika wanita lainnya memberi anaknya susu, ia justru mengganti susu dengan minuman bir.

Ketika temannya takut jika anak tersebut mabuk, wanita itu justru merasa lebih baik karena anaknya akan lebih cepat tidur.

Ilustrasi alkohol. (Pixabay/Alexas_Fotos)
Ilustrasi alkohol. (Pixabay/Alexas_Fotos)

 

Aksi wanita itu memberikan minuman bir tentu sangat berbahaya bagi kesehatan anak balita. Jangankan meminumnya, menghirup aroma bir atau alkohol pun bisa berdampak buruk bagi anak kecil.

Melansir dari familyeducation.com, beberapa teguk minuman alkohol mungkin tidak akan memberikan efek samping apapun pada orang dewasa. Tapi, berbeda dengan anak balita meski hanya minum setegak bir.

Minuman beralkohol memiliki efek samping yang sangat spesifik pada tubuh dan sangat berbahaya bagi anak kecil. Minuman ini bisa menyebabkan gula darah meningkat, kebingungan hingga kejang.

Selain itu, minuman beralkohol juga mampu menurunkan suhu tubuh karena tubuh anak-anak memiliki area permukaan yang relatif besar. Suhu tubuh mereka bisa meningkat lebih cepat dan bisa menurunkan dengan sangat mudah.

Satu hal yang perlu dipahami bahwa minuman beralkohol memiliki efek samping yang buruk pada otak secara langsung. Karena, sebagian besar pertumbuhan otak seseorang terjadi selama tahun pertama kehidupannya.

Paparan minuman alkohol berulang kali dapat mengganggu pertumbuhan otak, menunda perkembangan hingga menurunkan tingkat kecerdasannya.

Pada kondisi yang lebih buruk, minuman beralkohol dapat menyebabkan pingsan hingga kematian pada anak-anak.

Terkait

Terkini