Anak

Makan Kacang sejak Trimester Awal Kehamilan, Ibu Akan Lahirkan Anak Cerdas!

Ibu hamil yang banyak makan kacang-kacangan sejak trimester awal kehamilan cenderung melahirkan anak cerdas.

Rima Sekarani Imamun Nissa | Shevinna Putti Anggraeni

ilustrasi ibu hamil - (Pixabay/StockSnap)
ilustrasi ibu hamil - (Pixabay/StockSnap)

Himedik.com - Anak cerdas dan baik pasti menjadi keinginan semua orangtua. Kecerdasan anak pun bisa dipupuk oleh ibu sejak trimester awal kehamilan dengan memilih beberapa nutrisi khusus.

Salah satunya dengan mengonsumsi banyak kacang. Karena, wanita hamil yang banyak makan kacang cenderung melahirkan anak-anak cerdas.

Peneliti dari Barcelona Institute of Global Health, dilansir dari standardmedia.co.ke, menemukan bahwa fungsi kognitif dan memori otak anak lebih tinggi jika ibunya mengonsumsi banyak kacang sejak trimester pertama kehamilan.

Studi ini telah dibuktikan melalui riset pada 2.200 wanita hamil serta perkembangan otak anaknya di usia 18 bulan, lima tahun, dan delapan tahun. Florence Gignac menyatakan kacang mempunyai kemungkinan besar bermanfaat untuk saraf anak dalam jangka panjang.

"Otak mengalami serangkaian proses kompleks selama kehamilan dan ini berarti bahwa nutrisi ibu selama hamil merupakan faktor penentu dalam perkembangan otak janin dan dapat memiliki efek jangka panjang," ujar dia.

Ilustrasi otak anak. [Shutterstock]
Ilustrasi otak anak. [Shutterstock]

Dalam hal ini, jenis kacang yang sangat bermanfaat untuk perkembangan otak anak sejak dalam kandungan yakni kacang kenari, kacang almond, kacang tanah, kacang pinus dan hazelnut.

Menurutnya, konsumsi kacang selama hamil bisa membuat anak cerdas karena adanya kandungan asam folat tinggi, terutama asam lemak esensial seperti omega 3 dan omega 6.

"Komponen-komponen ini cenderung menumpuk di jaringan saraf, terutama di daerah otak depan yang memengaruhi fungsi memori," tuturnya.

Ilsutrasi anak kecil - (Unsplash/@kellysikkema)
Ilsutrasi anak kecil - (Unsplash/@kellysikkema)

Para ahli menyarankan wanita hamil mengonsumsi setidaknya 7 porsi per minggu kacang selama kehamilan trimester pertama. Intinya, makan kacang dua sampai tiga kali lipat dari porsi biasanya akan lebih baik bagi perkembangan otak janin.

Studi ini juga meneliti pengaruh ibu hamil mengonsumsi kacang di kehamilan trimester tiga. Hasilnya, tak ada pengaruh yang signifikan dari makan kacang dan perkembangan neuropsikologis yang lebih baik.

Para peneliti pun mengatakan mereka berpikir ini bisa karena ritme perkembangan janin bervariasi sepanjang kehamilan dan ada periode saat perkembangan sangat sensitif terhadap ibu.

Berita Terkait

Berita Terkini