Selasa, 19 November 2019

Mudik Lebaran 2019, Begini Cara Siapkan MPASI untuk Si Kecil

Ada beberapa alternatif pilihan yang bisa Anda lakukan.

Vika Widiastuti
Ilustrasi mudik. (Shutterstock)
Ilustrasi mudik. (Shutterstock)

Himedik.com - Hari Raya Idul Fitri tinggal menghitung hari, banyak orang yang sudah bersiap-siap atau dalam perjalanan mudik menuju kampung halaman. Nah, bagi Anda yang memiliki anak di usia MPASI, berikut ada beberapa tips mempersiapkan makanan untuk sang buah hati.

Seperti disampaikan oleh dr. Meta Hanindita, Sp.A, melalui akun Instagram pribadinya @metahanindita, bahwa sebenarnya ada beberapa alternatif pilihan yang bisa Anda lakukan.

Pertama, Anda bisa menggunakan MPASI instan yang banyak dijual di pasaran. Menurut dr. Meta, MPASI instan ini biasanya sudah difortifikasi dengan berbagai vitamin, dan yang pasti akan sangat praktis untuk dibawa selama perjalanan mudik. Anda tinggal menyeduh atau melarutkannya dengan air.

Kedua, Anda bisa samakan MPASI anak dengan makanan orang tuanya. Hal ini diperbolehkan, selama teksturnya disesuaikan.

"Jangan lupa, walaupun jenis makanannya boleh sama, tapi proporsinya berbeda. Pastikan makanan dibeli di tempat bersih, dimasak fresh (dimasak langsung setelah dipesan), disimpan disuhu yang benar, dan dihidangkan panas-panas," tulisnya dalam Instagram Story miliknya, pada Selasa (28/5/2019).

Ilustrasi anak makan. (Pixabay/avitalchn)
Ilustrasi anak makan. (Pixabay/avitalchn)

 

Pilihan ketiga, jika orang tua tetap ingin memasak sendiri dari rumah, sebenarnya diperbolehkan. Namun, tetap perhatikan suhu MPASI yang benar. Kalau ingin lebih tahan lama, misalnya, simpan di suhu kurang dari 5 derajat atau di atas 60 derajat.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan kulkas yang dipasang di mobil.

"Kalau bisa disetting jadi suhu di bawah 5 derajat, tapi menghangatkannya harus di atas 70 derajat. Ini mungkin yang sedikit sulit," ujar dia.

Selain itu, kata dr. Meta, jika Anda memiliki insulated food jar pun, rasanya akan sulit untuk menyimpan MPASI di atas suhu 60 derajat. Karena walaupun insulated food jar ini bisa menjaga kehangatan makanan, tapi belum tentu bisa mencapai suhu di atas 60 derajat.

"Penelitian di luar negeri bilang kalau insulated food jar merk terbaik cuma bisa menjaga suhu makanan di atas 60 derajat sekitar 2-3 jam saja," tulisnya lagi. (Suara.com/Dinda Rachmawati)

Terkait

Terkini