Kamis, 20 Juni 2019

Keseringan Main HP, Anak Dua Tahun Ini Alami Rabun Jauh

Hingga suatu hari saat orang tuanya memutuskan membawanya ke dokter, mereka pun terkejut.

Vika Widiastuti
<p><a href=Ilustrasi anak bermain Hp (Pixabay/GemmaMM)

">

Himedik.com - Beberapa orang tua mungkin akan membiarkan anaknya bermain gadget demi menuruti keinginan sang buah hati atau agar ia tak menangis. Namun, apa yang terjadi pada seorang gadis ini bisa menjadi pelajaran dan membuat orang tua lebih tegas.

Dilansir dari World of Buzz, seorang gadis kecil yang diidentifikasi bernama Xiao Man dari Jiangsu, China didiagnosis mengalami miopia atau rabun jauh. Bocah yang berusia 2,5 tahun itu tampaknya sudah diizinkan oleh orang tunya bermain ponsel sejak berusia 1 tahun.

Ia terlihat pendiam dan tenang saat bermain smartphone, jadi keluarganya pun membiarkannya bermain gadget selama berjam-jam, menurut laporan China Times.

Namun, pada tahun berikutnya, Xioa Man memiliki kebiasaan menyipitkan mata dan mengerutkan kening. Keluarganya pun menganggap hal tersebut bukanlah masalah besar dan hanya sebuah kebiasaan buruk yang tak perlu dikhawatirkan.

Hingga suatu hari saat orang tuanya memutuskan membawanya ke dokter, mereka pun terkejut. Putrinya didiagnosis mengalami rabun jauh 900 derajat. Hal ini sangat serius mengingat usia bocah tersebut.

Ilustrasi anak bermain gawai. (Pixabay)
Ilustrasi anak bermain gawai. (Pixabay)

 

Dokter pun mengungkapkan, Xiao Man terlalu muda untuk menggunakan perangkat elektronik dan kerusakan pada matanya tak bisa dipulihkan. Bahkan bisa saja bertambah buruk seiring bertambahnya usia.

Dokter pun menyarankan agar anak-anak di bawah usia tiga tahun tidak boleh menggunakan gadget elektronik sama sekali. Sementara anak yang berusia 3-6 tahun hanya boleh menggunakan gadget maksimal 30 menit setiap hari.

Ia juga mengingatkan orang tua agar lebih waspada terhadap gejala atau perilaku anak-anak-anak yang bisa menjadi tanda masalah dengan penglihatan mereka. Di antaranya termasuk sering menggosok mata, sering berkedip, menyipit, mengerutkan kening, dan tindakan serupa.

Terkait

Terkini