Sabtu, 14 Desember 2019

Anak Malas Minum Air Putih? Tenang Ini 5 Cara untuk Mengatasinya!

Dijamin 5 cara ini ampuh buat anak minum air putih lebih banyak.

Vika Widiastuti
Ilustrasi minum air putih (Unplash/Johnny McClung)
Ilustrasi minum air putih (Unplash/Johnny McClung)

Himedik.com - Minum air putih yang cukup adalah hal yang penting, termasuk untuk anak-anak. Apalagi mereka aktif bergerak. Jadi, minum air putih yang cukup bisa menghindarkan anak dari dehidrasi

Tak hanya mencegah dehidrasi, minum air dalam jumlah cukup juga dapat membantu mencegah sembelit dan infeksi saluran kemih. Bahkan, penelitian menunjukkan bahwa anak-anak yang banyak minum di sela-sela kegiatannya memiliki risiko lebih rendah terkena obesitas.

Tapi, bagaimana cara membuat anak-anak mau minum lebih banyak? Coba ikuti trik berikut ini, yuk, seperti yang dilansir dari laman Mommy Shorts.

1. Minum harus menyenangkan
Kadang, anak-anak malas minum kalau hanya disodori air putih. Tapi mereka akan sangat bersemangat jika diberi minuman berwarna, seperti sirup, soda, atau lainnya.

Kali ini, coba perlakukan air putih seperti minuman berwarna, misalnya disajikan dingin dengan tambahan es batu, dan diberi topping untuk mempercantik tampilan air putih. Misalnya, potongan lemon di pinggir gelas, diminum pakai sedotan, atau dicelup daun mint. Dijamin anak bakal tambah semangat minum air putih.

Ilustrasi air putih. (Pixabay/ExplorerBob)
Ilustrasi air putih. (Pixabay/ExplorerBob)

 

2. Sediakan hanya air putih
Jika anak malas minum air putih meski Anda sudah mencoba banyak cara, satu-satunya yang bisa dilakukan adalah membatasi pilihan minumannya. Artinya, Anda jangan mengisi kulkas di rumah dengan minuman lain selain air putih.

Kalau perlu, sediakan air putih di beberapa tempat sekaligus selain di dapur. Misalnya letakkan pitcher berisi air putih di meja ruang keluarga, atau meletakkan dispenser di dekat pintu kamar anak. Dengan begitu, anak akan selalu diingatkan untuk minum lebih banyak.

3. Air putih ditambahkan potongan buah
Ini ibarat garnish dalam makanan, Anda bisa menambahkan potongan buah warna-warni di dalam air putih untuk mempercantik tampilannya. Anda bisa memasukkan potongan stroberi, apel, lemon, atau mangga ke dalam pitcher berisi air putih. Anak pasti bakalan lebih tertarik untuk meminumnya.

Selain membuat air putih tampak lebih menarik, potongan buah-buahan juga bisa memberi sedikit rasa dan aroma enak pada air putih. Coba, deh!

Ilustrasi minum air putih. (Pixabay/PhotoMIX-Company)
Ilustrasi minum air putih. (Pixabay/PhotoMIX-Company)

 

4. Buat challenge minum air putih
Lagi musim challenge yang viral di media sosial, kenapa tak buat challenge sendiri untuk mengajak anak minum air putih? Caranya mudah saja, cukup gunakan gelas atau tumbler bening, gambar garis batas di gelas atau tumbler, kemudian tantang anak untuk minum sampai pada garis batas yang sudah dibuat. Supaya seru, pastikan semua anggota keluarga juga ikut challenge ini.

5. Awali makan apapun dengan minum air putih
Ini cara terakhir yang bisa Anda coba agar anak mau minum air putih. Setiap kali anak ingin makan atau minum apapun yang jadi kesukaannya, minta ia untuk minum air putih terlebih dulu setidaknya satu gelas. Dengan cara ini, selain kebutuhan air putihnya terpenuhi, anak juga akan keburu kenyang sehingga tak akan makan atau minum yang manis-manis dalam jumlah terlalu banyak. (Suara.com/Vania Rossa)

Terkait

Terkini