Selasa, 17 September 2019

Gigitan Semut Charlie Bikin Kulit Melepuh, Begini Pertolongan Pertamanya!

Hewan biasa ditemukan di daerah persawahan, ladang, hutan dan padang rumput.

Vika Widiastuti | Shevinna Putti Anggraeni
Ilustrasi tomcat. (Shutterstock)
Ilustrasi tomcat. (Shutterstock)

Himedik.com - Baru-baru ini, semut charlie jadi pembahasan banyak netizen di media sosial. Di Indonesia, serangga ini dikenal sebagai tomcat

Banyak orang membagikan pengalamannya terkena gigitan semut charlie yang membuat kulitnya perih, gatal, memerah dan melepuh seperti luka bakar.

Informasi tentang gigitan semut charlie lantas membuat banyak orang khawatir jika mengalami hal serupa. Ada pula yang kebingungan cara menangani gigitan semut charlie yang diketahui beracun.

Sebelumnya, perlu diketahui bahwa hewan ini biasa ditemukan di daerah persawahan, ladang, hutan dan padang rumput.

Semut charlie ini memiliki racun berbisa yang disebut pederin. Racun itulah yang membuat kulit terasa gatal, bengkak, perih dan melepuh ketika tersengat.

Kondisi dua anak terkena gigitan semut charlie (Facebook/ASYIKfm)
Kondisi dua anak terkena gigitan semut charlie (Facebook/ASYIKfm)

 

Melansir dari Healthline.com efek samping gigitan serangga tersebut termasuk reaksi ringan. Karena tubuh Anda bereaksi terhadap racun yang disalurkan serangga ke tubuh kita melalui gigitan.

Guna mencegah terjadinya reaksi parah akibat gigitan serangga, kita perlu menguasai pertolongan pertama jika orang tersengat semut charlie maupun serangga lainnya.

1. Jika serangga masih melekat di kulit, ambil benda yang datar dan kaku untuk menyingkirkannya seperti kartu kredit atau semacamnya. Jangan gunakan tangan atau memencetnya karena cara itu sama saja menyebarkan racun di area lainnya.

2. Cuci area kulit yang terkena gigitan menggunakan sabun.

3. Kompres area yang tersengat semut charlie menggunakan es sekitar 10 menit untuk mengurangi rasa sakit dan mencegah pembengkakan.

4. Oleskan lotion calamine atau pasta ke area yang terkena sengatan beberapa kali sehari untuk meringankan rasa gatal.

Jika cara di atas tidak membantu meredakan rasa sakit akibat sengatan semut charlie dan kondisi semakin parah. Maka segera hubungi dokter atau rumah sakit sebelum makin parah.

Terkait

Terkini