Kamis, 14 November 2019

Agar Anak Tumbuh dengan Mental yang Kuat, 5 Hal Ini Tak Boleh Dikatakan

Buku ini mengajarkan orang tua bagaimana cara melatih anak untuk memiliki mental yang kuat.

Vika Widiastuti
Anak bermain gelembung sabun. (pixabay)
Anak bermain gelembung sabun. (pixabay)

Himedik.com - Psikoterapis Amy Morin mengungkapkan cara bagaimana orang tua bisa membentuk mental anak menjadi lebih kuat. Ia telah mengidentifikasi karakteristik yang dimiliki orang-orang yang memiliki mental yang kuat. Hal itu ia tuangkan dalam buku. 

Pada 2017, ia menerbitkan buku keduanya tentang menjadi kuat secara mental. Buku itu berjudul 13 Things Mentally Strong Parents Don't Do.

Buku ini mengajarkan orang tua bagaimana cara melatih anak untuk memiliki mental yang kuat melalui berbagai strategi spesifik, studi kasus, tips, dan latihan yang dapat dicoba di rumah.

Namun, jika Anda tidak memiliki banyak waktu untuk menikmati setiap bab dalam buku, berikut beberapa hal sederhana yang bisa Anda lakukan dilansir dari mirror.

Dalam sebuah postingan di Instagram, Morin telah mengungkapkan lima hal yang seharusnya tidak dikatakan orang tua kepada anak mereka agar anak-anak tumbuh menjadi tangguh.

"Kata-kata yang Anda gunakan bisa membuat perbedaan besar. Jika Anda tidak hati-hati, Anda mungkin akan menanamkan kebiasaan tidak sehat yang dapat menguras kekuatan mental anak-anak untuk mencapai potensi terbesar mereka." tulisnya.

 

Kalimat pertama yang disarankan Morin untuk tidak dikatakan orang tua pada anaknya adalah "Ini bukan masalah besar."

Meski si kecil khawatir tentang penampilan dalam drama sekolah atau bertengkar dengan salah satu teman dekatnya, Anda tak perlu menepis kekhawatirannya.

Menerima anggapan mereka bahwa itu adalah masalah besar akan membantu mereka untuk mengatasi emosi.

Hal kedua yang seharusnya tidak dikatakan orang tua kepada anaknya adalah menyuruhnya berhenti menangis.

Menurutnya, tak ada yang salah dengan menangis. Hal ini merupakan cara sehat menunjukkan kepada seseorang bagaimana perasaan Anda.

Namun, jika anak menyebabkan keributan di supermarket atau saat keluar makan, jelaskan pada mereka bahwa perilaku mereka tidak baik.

Selain itu, Anda tak disarankan mengatakan kepada anak-anak bahwa mereka adalah anak terpintar di seluruh sekolah karena pujian yang berlebihan bisa berbahaya.

Dua hal terakhir yang tak boleh dikatakan adalah "Semuanya akan berjalan baik" dan "Tenang".

Morin mengatakan bahwa meski Anda ingin meyakinkan anak Anda bahwa segala sesuatunya baik-baik saya. Namun, terkadang keadaan tidak baik dan orang-orang harus menghadapi masa-masa sulit. Anda tidak akan selalu dapat mencegah anak Anda mengalami ini.

"Daripada memberi tahu mereka bahwa tidak ada hal buruk yang akan terjadi, ajarkan mereka bahwa mereka cukup kuat untuk menghadapi apapun yang terjadi dalam hidup mereka," lanjutnya.

Terkait

Terkini