Selasa, 12 November 2019

Bisa Sebabkan Kematian, Ussy Sulistiawaty Larang Anak Operasi Plastik!

Ussy Sulistiawaty larang anak sulungnya operasi plastik, ketahui risiko operasi wajah.

Vika Widiastuti | Shevinna Putti Anggraeni
Ussy Sulistiawaty larang anaknya operasi plastik (Instagram/ussysulistiawaty)
Ussy Sulistiawaty larang anaknya operasi plastik (Instagram/ussysulistiawaty)

Himedik.com - Beberapa hari lalu Ussy Sulistiawaty memberikan pesan khusus pada anaknya mengenai operasi plastik di tengah banyak warganet yang senang mengejek penampilan putrinya.

Nasihat itu ditujukan terutama untuk anak sulungnya, Nur Amalia Putri alias Amel yang merupakan anak angkatnya. Beberapa hari lalu, Ussy Sulistiawaty mengunggah foto Amel di Instagram.

Dalam unggahannya, dia berpesan agar anaknya tak melakukan operasi wajah atau operasi plastik ketika sudah beranjak dewasa.

"Kak, kalau udah gede ga perlu operasi-operasi wajah ya kak, hidungmu udah bangir, bibirmu udah seksi, alismu pun Masya Allah sempurnaaaaaa," tulis Ussy Sulistiawaty.

Ussy hanya meminta agar anaknya tumbuh menjadi seseorang yang berbakti kepada orangtua, berhati baik, taat beragama dan tidak lelah menimba ilmu.

Tak bisa dipungkiri bahwa seseorang bisa saja melakukan operasi wajah dengan alasan banyak orang mengejek penampilannya.

Ussy Sulistiawaty larang anaknya melakukan operasi plastik (Instagram/ussysulistiawaty)
Ussy Sulistiawaty larang anaknya melakukan operasi plastik (Instagram/ussysulistiawaty)

Padahal operasi plastik pada remaja bisa menimbulkan banyak efek samping serius. Tak hanya remaja, orang yang melakukan operasi plastik plastik berisiko mengalami komplikasi berikut ini, seperti dilansir dari Healthline.

1. Komplikasi anestesi

Anestesi yang digunakan saat operasi agar pasien tidak sadar bisa menyebabkan komplikasi, seperti infeksi paru-paru, stroke, serangan jantung, dan kematian. Biasanya penderita akan merasakan gejala seperti gemetaran, mual dan muntah serta kebingungan.

2. Kerusakan saraf

Operasi plastik jenis apapun semuanya berpotensi menyebabkan kerusakan saraf. Mati rasa dan kesemutan setelah operasi plastik merupakan tanda-tanda adanya kerusakan saraf.

Kebanyakan wanita yang melakukan operasi payudara akan mengalami perubahan sensitivitas dan 15 persen mengalami perubahan permanen pada putingnya.

3. Infeksi

Infeksi setelah operasi plastik kemungkinan terjadi 1,1-2,5 persen, terutama pada orang yang melakukan operasi payudara, bahkan meskipun mereka telah melakukan perawatan pasca-operasi.

Bisa Sebabkan Kematian, Ussy Sulistiawaty Larang Anak Operasi Plastik! - 2
Ilustrasi persiapan operasi plastik. (Shutterstock)

Infeksi kulit selulitis dapat terjadi setelah operasi. Dalam beberapa kasus, infeksi dapat bersifat internal dan parah, membutuhkan antibiotik intravena (IV).

4. Kehilangan darah

Seperti halnya orang melakukan operasi biasa, orang yang melakukan operasi wajah atau operasi plastik juga bisa kehilangan darah. Kehilangan darah yang tidak terkontrol bisa menyebabkan penurunan tekanan darah yang berisiko mengakibatkan kematian.

5. Hematoma

Hematoma adalah kantong darah yang menyerupai memar besar dan menyakitkan. Kondisi ini biasanya terjadi pada seseorang setelah facelift agar terlihat awet muda. Namun, operasi payudara juga bisa menyebabkan hematoma.

Terkait

Terkini