Selasa, 17 September 2019

Dikira Hernia, Benjolan di Testis Bayi 9 Bulan Ternyata Kanker Langka!

Bayi 9 bulan menderita kanker langka yang sebelumnya disangka dokter menderita hernia.

Vika Widiastuti | Shevinna Putti Anggraeni
Ilustrasi seorang ibu melahirkan bayi kembar dari ayah yang berbeda (Pexels/Dominika Roseclay)
Ilustrasi seorang ibu melahirkan bayi kembar dari ayah yang berbeda (Pexels/Dominika Roseclay)

Himedik.com - Seorang bayi 9 bulan memiliki benjolan di bagian testisnya, dokter mendiagnosisnya menderita hernia. setelah 2 bulan ternyata diagnosis dokter salah, bayi 9 bulan itu menderita kanker langka.

Ketika pertama kali Emma Burgess (36) melihat benjolan di testis bayinya, Freddie Burgess-Shardlow, ia langsung membawa bayinya ke rumah sakit bersama Katie Woodward (34).

Dokter pun mendiagnosis bahwa benjolan itu hanya tumpukan cairan dan bayinya menderita hernia. Namun, dua bulan kemudian, Emma Burgess harus menelan kenyataan menyakitkan tentang kondisi kesehatan anaknya.

Ternyata Freddie menderita kanker langka di testisnya. Massa tersebut adalah ectomesenchymoma, tumor langka dari sistem saraf atau jaringan lunak yang tumbuh cepat.

"Pada bulan Maret kami menemukan benjolan di testisnya kanannya. Kami membawanya ke dokter dan mereka mengira itu adalah hernia. Jadi mereka merujuknya ke pemeriksaan umum," kata Emma, dikutip dari Mirror.

Ilustrasi bayi usia satu tahun. (Shutterstock)
Ilustrasi bayi usia satu tahun. (Shutterstock)

Mereka baru menyadari ada yang aneh dari benjolan bayinya ketika pergi liburan. Apalagi benjolan itu tidak sembuh meski sudah diobati 2 bulan.

Bahkan dokter juga sempat memberi tahu bahwa bayinya memiliki pertumbuhan abnormal. Hanya saja, kondisi anaknya semakin memburuk.

Ilustrasi bayi. (Shutterstock)
Ilustrasi bayi. (Shutterstock)

Setelah mengetahui bahwa itu kanker langka, akhirnya bayi tersebut menjalani operasi pengangkatan testis dan kemoterapi.

"Dia sedikit membaik dan terlihat ceria. Tapi itu memilukan dan saya berusaha untuk tidak menangis di depannya," tuturnya.

Terkait

Terkini