Selasa, 17 September 2019

Gara-Gara Berenang, Hidung Bocah Asal Solo Kemasukan Lintah Sampai Berdarah

Hidung bocah asal Solo tak berhenti berdarah gara-gara kemasukan lintah.

Rima Sekarani Imamun Nissa | Shevinna Putti Anggraeni
Ilustrasi terapi lintah. (pixabay)
Ilustrasi terapi lintah. (pixabay)

Himedik.com - Media sosial tengah dihebohkan dengan insiden bocah laki-laki asal Solo yang hidungnya kemasukan lintah. Akibatnya, hidung bocah bernama Izan itu tak berhenti berdarah alias mimisan selama hampir sebulan.

Setelah diperiksa, dokter mengatakan Izan kecapekan dan kepanasan sehingga sering mengalami mimisan. Selebihnya, dokter cuma memberi Izan obat minum untuk mengatasi mimisannya.

Namun, obat yang diresepkan oleh dokter, tak kunjung membuat kondisi Izan membaik. Setiap hari, ibunya harus membersihkan darah yang mengalir dari dalam hidungnya.

Sampai suatu hari, sang ibu melihat ada kotoran menyerupai agar-agar di dalam hidung anaknya. Tetapi, kotoran itu justru bergerak ke dalam ketika hendak diambil.

"Anakku Izan tiap hari mimisan selama hampir satu bulan ini. Sudah aku periksakan ke dokter, jawabannya katanya kecapekan dan panas dalam, dan sudah dikasih obat."

"Terakhir tadi malam jam setengah 12 malam mimisan dan setelah dibersihkan istri saya masih ada kotoran menyerupai agar-agar. Ketika mau dibersihkan istri saya, kotoran itu bergerak malah masuk ke dalam hidung, karena takut kemudian segera istri saya membawa Dex Izan ke rumah sakit," tulis akun Facebook Setyo Pe-Je Chelsea.

Lintah masuk ke hidung bocah asal Solo gara-gara bermain air (Facebook/Setyo Pe-Je Chelsea)
Lintah masuk ke hidung bocah asal Solo gara-gara bermain air (Facebook/Setyo Pe-Je Chelsea)

Akhirnya, mereka langsung membawa Izan ke dokter untuk memastikan apa kotoran seperti agar-agar tersebut. Setelah diperiksa, mereka mendapatkan fakta mengejutkan yang menyebabkan anaknya selalu mimisan selama sebulan.

Ternyata ada hewan lintah yang bersarang di hidung Izan sehingga menyebabkan mimisan berkepanjangan.

Orangtua menduga hewan lintah itu masuk ke dalam hidung anaknya ketika sedang bermain di kolam renang. Awalnya, itu mungkin hanya berupa telur yang masuk ke hidung lalu berkembang menjadi lintah di dalam.

"Ternyata betul ada hewan lintah yang masuk dalam hidung anak saya dan alhamdulillah sudah ditangani tim dokter dari RS Moewardi, sudah bisa dikeluarkan."

Lintah yang masuk ke hidung bocah asal Solo (Facebook/Setyo Pe-Je Chelsea)
Lintah yang masuk ke hidung bocah asal Solo (Facebook/Setyo Pe-Je Chelsea)

"Kemungkinan besar lintah atau telur lintah masuk pada saat anak saya bermain air di kolam renang ataupun tempat wisata air di pegunungan ataupun pas anak saya bermain tanah," lanjutnya.

Akun Facebook Setyo Pe-Je Chelsea yang membagikan pengalaman anaknya itu pun meminta agar orangtua lebih waspada. Ia juga menyarankan agar anak-anak selalu mencuci tangan dan membersihkan badan setiap kali bermain di tempat wisata air maupun tanah.

Terkait

Terkini