Kamis, 14 November 2019

Sandra Dewi Gundah Posisi Bayinya Sungsang Sebelum Lahir, Apa Penyebabnya?

Sandra Dewi akhirnya melahirkan anak keduanya meski sempat gundah posisi anaknya sungsang.

Vika Widiastuti | Shevinna Putti Anggraeni
Sandra Dewi curhat sering dipaksan suami berbelanja karena terlalu hemat (Suara.com/Wahyu Tri Laksono)
Sandra Dewi curhat sering dipaksan suami berbelanja karena terlalu hemat (Suara.com/Wahyu Tri Laksono)

Himedik.com - Kabar bahagia datang dari Sandra Dewi yang baru saja melahirkan anak keduanya berjenis kelamin laki-laki. Sandra Dewi mengumumkan kelahiran anak kedua dan menceritakan kecemasannya ketika bayi dalam posisi sungsang melalui unggahan Instagram.

Dalam unggahannya, Sandra Dewi mengumumkan bahwa nama anak keduanya Mikhael Moeis yang lahir dengan berat 3,5 kg dan panjang 51 cm. Sandra Dewi terlihat sangat bahagia menyambut kehadiran anak keduanya.

"7 hari yang lalu, tgl 2-09-2019 jam 22.07 wib putra kami yang kedua Mikhael Moeis (Mika) telah lahir ke dunia dgn berat 3.5kg & panjang badan 51cm. Dari awal kehamilan sampai persalinan kl ini sangat penuh mujizat & cerita..Dari awal kehamilan yg ga eneg, ga muntah, sampe sering lupa kl lg hamil," tulisnya di Instagram.

Selain mengabarkan kelahiran anak kedua, Sandra Dewi juga menceritakan kegelisahannya menjelang persalinan anak keduanya. Memasuki usia kehamilan 37 minggu, posisi anak keduanya justru terbalik alias sungsang.

"Sampai minggu ke 37 weeks Mika posisi kepalanya blum balik kebawah (sungsang), kemudian saya & suami novena Tiga Salam Maria. Kl Mika memang mau lahir caesar/normal terserah Mika & Tuhan, krn buat saya lahir caesar/normal terserah dari anaknya & krn normal & caesar sama sama penuh perjuangan," sambungnya.

Anak kedua Sandra Dewi (Instagram/sandradewi88)
Anak kedua Sandra Dewi (Instagram/sandradewi88)

 

Hal itu membuat Sandra Dewi lebih banyak berdoa dan pasrah kepada Tuhan atas proses persalinan yang akan dijalani. Beruntungnya, posisi bayi Sandra Dewi berubah normal ketika memasuki minggu ke-38.

Selain Sandra Dewi, pastinya banyak Ibu yang mengalami hal sama ketika menjelang persalinan Si Kecil. Hal ini sering kali membuat wanita cemas karena idealnya, posisi kepala bayi berada dekat leher rahim dan menghadap belakang.

Sebenarnya posisi sungsang masih bisa berubah hingga mendekati HPL. Tetapi jika posisi bayi tidak berubah, maka Ibu harus menjalani persalinan caesar.

Melansir dari What to Expect, adapun beberapa hal yang menyebabkan posisi bayi Anda sungsang seperti yang sempat dialami Sandra Dewi.

Sandra Dewi melahirkan anak kedua (Instagram/sandradewi88)
Sandra Dewi melahirkan anak kedua (Instagram/sandradewi88)

 

1. Abnormalitas uterus

Biasanya rahim berbentuk seperti pir terbalik, tetapi beberapa wanita memiliki kondisi rahim berbeda atau cacat. Sehingga abnormalitas ini bisa menyebabkan posisi bayi sungsang.

2. Lokasi plasenta

Jika posisi plasenta Anda rendah dan menutupi serviks atau dekat dinding rahim bisa menyebabkan bayi dalam posisi sungsang.

3. Volume cairan ketuban

Terlalu sedikit maupun terlalu banyak cairan ketuban bisa menyebabkan bayi dalam posisi sungsang. Karena, terlalu sedikit cairan bisa membuat bayi sulit bergerak dan terlalu banyak membuatnya mudah bergerak.

4. Kelainan janin

Masalah dengan otot bayi atau sistem saraf pusat bisa menyebabkan posisi sungsang meskipun jarang terjadi. Selain itu, tali pusat yang pendek juga membatasi gerakan bayi di dalam perut.

Terkait

Terkini