Rabu, 13 November 2019

Kenali Penyebab Sakit Kuning, Seperti yang Diderita Buah Hati Kartika Putri

Beruntungnya, Khalisa mampu melewati masa kritisnya.

Vika Widiastuti | Rosiana Chozanah
Kartika Putri dan Habib Usman bin Yahya (Ismail/Suara.com)
Kartika Putri dan Habib Usman bin Yahya (Ismail/Suara.com)

Himedik.com - Habib Usman bin Yahya mengungkapkan putrinya dengan Kartika Putri yang baru berusia 10 hari, Khalisa Agnia Bahira, harus dirawat di rumah sakit lantaran menderita penyakit kuning.

Menurutnya, penyakit kuning yang diderita putrinya mengakibatkan kadar bilirubin meninggi.

"Khalisa sakit kuning diperiksa kadar bilirubin tinggi 17 jadi harus di inkubator selama 48 jam," kata Habis Usman, melansir Matamata, Minggu (27/10/2019).

Ia menambahkan, kondisi ini sempat membuat Kartika Putri panik. Bahkan istrinya itu sampai menangis.

"Panik (Kartika Putri) sampai nangis karena nggak tega ngeliatnya," sambungnya.

Dalam dunia medis, penyakit kuning disebut dengan jaundice atau ikterus. Kondisi ini terjadi ketika kulit dan mata bayi yang baru lahir berubah warna menjadi kuning.

Kartika Putri [Instagram]
Buah hati Kartika Putri diinkubator [Instagram]

Sebenarnya penyakit kuning ini umum terjadi pada bayi baru lahir, terutama pada bayi prematur atau bayi yang tidak memiliki kecukupan cairan.

Berdasarkan Hello Sehat, kondisi ini terjadi akibat kadar bilirubin, atau pigmen berwarna kuning pada sel darah merah, tinggi.

Bilirubin merupakan produk sampingan yang dibuat saat tubuh memecah sel darah merah yang sudah tua. Lalu, hati akan menghilangkannya dan pada akhirnya akan dikeluarkan tubuh melalui feses.

Tetapi kondisi ini berbeda pada bayi yang baru lahir, hati mereka belum sepenuhnya siap dengan 'pekerjaan' ini sehingga belum bisa memecah bilirubin. Akhirnya, bilirubin menjadi menumpuk pada darah dan menyebabkan kulit serta mata mereka menguning.

Untungnya, buah hati dari Kartika Putri dan Habib Usman ini langsung mendapat perawatan, sehingga masa kritis telah terlewati.

Terkait

Terkini