Selasa, 10 Desember 2019

Sarwendah Beri Betrand Peto ASI Setiap Hari, Bolehkah dari Sisi Kesehatan?

Sarwendah iba sehingga memberi Betrand Peto segelas ASI setiap hari.

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni
Sarwendah, Betrand Peto dan Ruben Onsu (Suara.com/Yuliani)
Sarwendah, Betrand Peto dan Ruben Onsu (Suara.com/Yuliani)

Himedik.com - Sarwendah yang sedang aktif menyusui anak bungsunya, Thania, membuat putra Betrand Petro merasa iri. Betrand Peto yang sudah menginjak usia 14 tahun justru ingin merasakan air susu ibu (ASI).

Ketika pertama kali mendengar permintaan Betrand Peto ingin merasakan ASI, Sarwendah mengira anaknya hanya bercanda.

"Awalnya, aku kira becanda gitu. Ternyata, benar dia minta minum dan setiap hari dia minta. Jadi, kami siapkan," cerita Sarwendah bersama Betrand Peto, saat ditemui di kawasan Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Senin (18/11/2019).

Karena itu, Sarwendah akhirnya menyiapkan segelas ASI untuk Betrand Peto setiap hari. Sarwendah juga menceritakan Betrand mendadak ingin merasakan ASI karena melihat momen Thalia dan Thania sedang menyusu.

"Jadi, pada saat itu aku nyusuin Thalia dan Thania. Aku masih sering ngobrol (dengan Betrand), aku ngadep sini, dia ngadep sana. Jadi pas aku nyusuin, dia selalu bilang 'Thania happy ya karena ada bundanya yang nyusuin'," kata Sarwendah.

Sarwendah dan Betrand Peto [Yuliani/Suara.com]
Sarwendah dan Betrand Peto [Yuliani/Suara.com]

Betrand Peto mengaku semasa kecil tidak pernah merasakan ASI. Oleh karenanya, Sarwendah merasa iba dan menawarkan ASI miliknya.

"Dia (Betrand) bilang, 'Kakak dulu waktu kecil dikasihnya teh sama oma'," jelas Sarwendah.

Seperti yang diketahui, ASI adalah makanan pokok bayi untuk menunjang tumbuh kembangnya. ASI memiliki kandungan gizi terbaik untuk bayi yang bisa meningkatkan energi dan stamina.

Namun, apakah kandungan gizi dalam ASI sesuai untuk anak remaja atau dewasa?

Melansir dari Hello Sehat, ternyata anak remaja atau orang dewasa boleh saja minum ASI.  tidak ada larangan kesehatan terkait hal tersebut. Namun, terlepas dari kandungan gizi dan manfaatnya, ASI tentunya tidak memberikan efek apapun pada orang dewasa.

Ilustrasi ASI perah. (Shutterstock)
Ilustrasi ASI perah. (Shutterstock)

Di sisi lain, Anda juga perlu mengetahui bahwa ASI dipercaya bisa mencegah kanker. ASI mengandung senyawa Human Alpha-lactalbumin Made Lethal to Tumour Cells (HAMLET) yang bisa membunuh sel kanker.

Setelah senyawa ini diekstrak dari ASI lalu disuntikkan ke dalam tubuh pasien kanker, beberapa hari setelahnya sel kanker tampak mati dan terbuang lewat urine.

Menurut International Journal of Cancer, kandungan HAMLET dalam ASI dapat melindungi ibu dari beberapa jenis kanker, seperti kanker rahim dan ovarium. Meskipun temuan ini tergolong baru, nyatanya ASI telah dipercaya bisa mengobati penyakit kanker ganas.

Seorang peneliti asal Swedia pun telah melakukan uji coba untuk membandingkan antara manfaat HAMLET dengan plasebo terhadap pasien kanker. Hal itu karena mereka meyakini senyawa itu bisa menyembuhkan jenis kanker lain, seperti kanker usus dan serviks.

Terkait

Terkini