Data COVID-19 Indonesia

Positif -
Dirawat -
Sembuh -
Meninggal -
Sumber data: kawalcovid19.id
Lihat Detail
Jum'at, 05 Juni 2020

Ayah dan Bunda, Mari Wujudkan Senyum Anak Bebas Karies!

Karies gigi pada anak bisa diatasi dengan beberapa perawatan di klinik dokter gigi.

Yasinta Rahmawati
cloud_download Baca offline
Ilustrasi gigi anak. (Pixabay)
Ilustrasi gigi anak. (Pixabay)

Himedik.com - Karies gigi atau gigi berlubang adalah suatu keadaan lapisan gigi yang mengalami kerusakan, biasanya ditandai dengan berlubang dan spot kehitaman pada gigi. Kondisi ini umum terjadi pada anak-anak.

Penyebab gigi berlubang ada beberapa hal, antara lain kebiasaan makan makanan manis, kebiasan minum susu saat malam sebelum tidur, cara menggosok gigi kurang tepat hingga kekurangan fluoride.

Untuk mengatasinya, ada pilihan perawatan pencegahan gigi berlubang yang dapat dilakukan di klinik dokter gigi,yaitu :

1. Aplikasi fluoride
Fluoride merupakan mineral yang berperan untuk pencegahan gigi berlubang. Oleh karena itu, kebutuhan fluoride untuk gigi sangat penting. Aplikasi fluoride dapat dilakukan di klinik dokter gigi dan pasta gigi mengandung fluoride.

Ilustrasi gigi anak. (Pixabay)
Ilustrasi gigi anak. (Pixabay)

 

2. Perawatan fissure sealant
Yakni suatu tindakan perawatan penambalan pada gigi permanen muda yang memiliki celah dan lekuk yang dalam namun belum berlubang besar. Maka dari itu, perawatan fissure sealant sangat penting. Perawatan ini dapat dilakukan di klinik dokter gigi.

3. Preventive resin restoration yaitu
Suatu perawatan penambalan gigi pemanen muda yang telah mengalami gigi berlubang hingga lapisan email gigi atau yang lebih dalam.

Ayah dan bunda perlu memperhatikan kondisi gigi anak agar tidak sampai terjadi gigi berlubang. Jangan lupa cek rutin kesehatan gigi keluarga ke klinik dokter gigi setiap 6 bulan sekali. Mari wujudkan senyum anak bebas karies!


Artikel ini dibuat oleh :
1. Departemen Kedokteran Gigi Anak FKG Unissula Semarang :Dr. drg. Sandy C, Sp. KGA, drg. Prima A, Sp. KGA, drg. Welly A, Sp. KGA
2. Mahasiswa Profesi Dokter Gigi FKG Unissula Semarang : Azizah C, S. KG, Clarissa B S, S. KG, Fina Akmalia, S. KG.

Terkait

Terkini