Anak

Tak Ada Aturan Baku, Berikut Tips Memandikan Bayi

Baru-baru ini Baim Wong mulai belajar mengurus bayinya untuk membantu Paula Verhoeven, salah satunya dengan memandikan bayi.

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni

Paula Verhoeven dan Baim Wong (Suara.com/Yuliani)
Paula Verhoeven dan Baim Wong (Suara.com/Yuliani)

Himedik.com - Sejak lahirnya anak pertama, Baim Wong pun mulai belajar mengurus bayinya. Baim Wong memulainya dengan berlatih memandikan anak pertamanya.

Saat itu, mereka juga sempat kebingungan mengenai aturan mandi untuk bayi baru lahir, seperti waktu yang tepat dan berapa kali mandi dalam sehari. Baim Wong juga sempat bercerita bahwa anaknya selalu dimandikan setiap pagi.

"Mandinya jam berapa, sih? Setiap hari jam 6 pagi?" tanya Baim Wong pada Paula dalam channel Youtubenya.

"Mandi sehari sekali atau dua kali?" tanya Baim lagi pada perawatan rumah sakit.

"Kalau mandi sehari sekali aja, kalau sore ganti baju," jawab perawat rumah sakit.

Pada dasarnya, dilansir dari Raisingchildren.net.au, memandikan bayi yang baru lahir pastinya berbeda dengan anak balita.

Bayi yang baru lahir sebenarnya sudah cukup mandi 2-3 kali seminggu. Namun, tak ada salahnya jika Anda ingin memandikan bayi setiap hari.

Baim Wong latihan memandikan bayinya (Youtube/Baim Paula)
Baim Wong latihan memandikan bayinya (Youtube/Baim Paula)

Anda hanya diperbolehkan memandikan bayi baru lahir sehari sekali. Mandi lebih dari itu atau misalnya 2 kali sehari justru bisa membuat kulit bayi kering. Khusus bayi yang memiliki kulit kering dan sensitif, disarankan mandi cukup 5-10 menit.

Selain itu dilansir dari Hello Sehat, terlalu sering memandikan bayi bisa membuat kulitnya iritasi. Bayi yang mandi dua kali atau lebih dalam sehari akan lebih mudah mengalami permasalahan kulit.

Namun, hal ini disesuaikan kembali pada kondisi bayi masing-masing. Satu hal yang paling penting, pastikan kondisi tubuh bayi selalu bersih dan rutin mengganti popoknya.

Ilustrasi bayi mandi di bathtub. [Shutterstock]
Ilustrasi bayi mandi di bathtub. [Shutterstock]

Sedangkan terkait waktu terbaik untuk bayi baru lahir mandi juga tidak ada yang paten. Anda boleh memandikan bayi sepanjang hari, asalkan tidak mengganggu waktu tidur dan makannya.

Biasanya, waktu terbaik untuk bayi baru lahir mandi adalah pagi hari. Hal itu karena Anda bisa langsung mengajak bayi berjemur di bawah matahari pagi yang hangat.

Meski begitu, mandi di sore hari juga tidak menjadi masalah, asalkan bayi tidak kedinginan sebelum dan setelah mandi. Aturan ini berlaku sejak bayi baru lahir sampai merangkak.

Berita Terkait

Berita Terkini