cancel

Data COVID-19 Indonesia

Positif -
Dirawat -
Sembuh -
Meninggal -
Sumber data: kawalcovid19.id
Lihat Detail
Selasa, 11 Agustus 2020

Syahnaz Sadiqah akan Menyusui Bayi Kembar, Perlukah Makan Lebih Banyak?

Menyusui satu bayi biasanya membakar hingga 500 kalori tambahan per hari.

Rima Sekarani Imamun Nissa | Shevinna Putti Anggraeni
cloud_download Baca offline
Syahnaz Sadiqah dan Jeje Govinda (Instagram/@syahnazs)
Syahnaz Sadiqah dan Jeje Govinda (Instagram/@syahnazs)

Himedik.com - Syahnaz Sadiqah telah melahirkan anak kembar sepasangnya pada Jumat (3/1/2020) kemarin. Adik Raffi Ahmad ini pun menyampaikan kabar bahagia tersebut melalui unggahan Instagram.

"Hallo semuanya, kenalin baby twins sudah lahir nih. Zayn Sadavir Ezhilan Ismail (anak ganteng yang pemberani tapi rendah hati dan penyayang kaum lemah) dan Zunaira Alessia Safaraz Ismail (bunga dari surga yang selalu terjaga kehormatannya). Kira-kira lebih mirip aku atau papanya nih," tulis Syahnaz Sadiqah sebagai keterangan foto.

Kabar bahagia lahirnya anak kembar Syahnaz dan Jeje ini pun turut dirasakan publik dan orang di sekitarnya. Tak sedikit yang mungkin penasaran cara Syahnaz mengurus anak kembarnya.

Apalagi cara menyusui bayi kembar tentu terasa berbeda. Ada beberapa hal yang perlu diperhatian Syahnaz dalam menyusui bayi kembarnya. Bukan hanya soal jadwal dan posisi menyusui tetapi juga nutrisi yang diperlukan Syahnaz selama menyusui bayi kembar.

Melansir dari whattoexpect.com, menyusui satu bayi biasanya membakar hingga 500 kalori tambahan per hari. Artinya, menyusui anak kembar akan membakar setidaknya 1.000 kalori setiap harinya.

Anak kembar Syahnaz Sadiqah dan Jeje Govinda [Instagram]
Anak kembar Syahnaz Sadiqah dan Jeje Govinda [Instagram]

Karena itu, ibu menyusui bayi kembar seperti Syahnaz Sadiqah tentu membutuhkan asupan kalori yang lebih banyak daripada ibu lainnya. Ibu menyusui bayi kembali perli makan sedikit lebih banyak untuk membakar lebih banyak kalori.

Wanita yang menyusui bayi kembar setidaknya membutuhkan 450 hingga 500 kalori di atas kebutuhan prakehamilan atau kira-kira 1.000 total kalori harian tambahan.

Bahkan, Anda mungkin butuh menambah asupan kalori harian ketika bayi sudah tumbuh lebih besar dan mudah lapar. Di sisi lain, Anda juga bisa menambahkan nutrisinya dengan memberinya tambahan susu formula.

Hal paling penting adalah patuhi diet menyusui yang masuk akal, seimbang, dan minum banyak air ketika menyusui bayi kembar. Selain itu, pastikan Anda selalu mendapat cukup asupan kalsium.

Semua ibu menyusui pasti membutuhkan setidaknya 1.000 mg kalsium per hari. Tetapi, ibu menyusui bayi kembar mungkin membutuhkannya sedikit lebih banyak daripada ibu menyusui satu bayi.

Terkait

Terkini