Data COVID-19 Indonesia

Positif -
Dirawat -
Sembuh -
Meninggal -
Sumber data: kawalcovid19.id
Lihat Detail
Senin, 06 Juli 2020

Hindari Covid-19, Intip 7 Cara Agar Anak Betah Memakai Masker

Memakai masker menjadi hal wajib ketika keluar rumah saat pandemi corona, baik bagi orang dewasa maupun anak-anak.

Yasinta Rahmawati
cloud_download Baca offline
Ilustrasi anak memakai masker. (Shutterstock)
Ilustrasi anak memakai masker. (Shutterstock)

Himedik.com - Tak hanya bagi orang dewasa, masker kini menjadi benda wajib yang harus dikenakan anak saat keluar rumah di tengah pandemi corona. Kini wacana masuk sekolah kembali sudah di depan mata, tapi bagaimana caranya agar anak betah memakai masker dalam jangka waktu lama? 

Sebab, sulit membuat anak mau memakai masker dalam waktu lama, entah karena alasan sesak, panas atau karena ia ingin berbicara dengan temannya. Jangan khawatir, ada tips yang bisa Anda lakukan supaya anak betah memakai masker, seperti dilansir dari Huffpost.

1. Minta anak memilih sendiri masker mereka

Ketika Anda membeli masker untuk anak, biarkan anak memilih masker yang disukainya. Atau, jika Anda membuat sendiri masker, sertakan anak dalam proses pembuatannya.

"Ini memungkinkan mereka untuk merasa memiliki atau memiliki kendali atas masker tersebut," kata Allison Tappon, seorang spesialis anak di Rumah Sakit Anak Philadelphia - yang juga sekaligus ibu dari dua anak.

Intinya adalah untuk membuat mereka merasa bahwa masker tersebut adalah sesuatu yang mereka pilih, bukan sesuatu yang dipaksakan untuk mereka.

Anak-anak mengenakan masker bedah (Pexels/Janko Ferlic)
Anak-anak mengenakan masker bedah (Pexels/Janko Ferlic)

 

2. Beri contoh memakai masker

Ketika Anda sedang berada di rumah, kenakanlah masker sesekali. Hal ini untuk menunjukkan kepada anak bahwa bukan hanya mereka yang harus memakai masker. Dan itu membantu menghilangkan rasa takut pada beberapa anak.

Anda juga bisa minta anggota keluarga atau kerabat untuk berbagi foto diri mereka mengenakan masker, kata Tappon.

Tekankan pada anak bahwa mengenakan masker adalah hal sederhana yang dapat dilakukan untuk menjaga keselamatan diri sendiri dan orang lain.

"Penting bagi orangtua untuk mengelola kecemasan mereka sendiri," kata Dr. James Lewis, seorang profesor pediatri di Joan C. Edwards School of Medicine di Universitas Marshall.

"Jika Anda cemas, itu membuat anak-anak lebih cemas," katanya.

3. Berlatih di rumah

Sangat penting untuk mulai membiasakan anak-anak memakai masker sebelum mereka mulai masuk sekolah. Cobalah untuk memakai masker dalam kegiatan sehari-hari saat anak di rumah, termasuk saat anak sedang bermain atau menonton TV.

"Cobalah membuat hal itu jadi menyenangkan, dan perkenalkan masker di lingkungan yang tidak mengancam," kata Tappon.

Perlahan, tingkatkan durasi pemakaian masker di rumah. Jika anak Anda sudah cukup besar, Anda bisa jujur pada mereka dan mengatakan sesuatu seperti, "Saat ini, kita semua harus mengenakan masker di sekolah," kata Tappon.

Terkait

Terkini