cancel

Data COVID-19 Indonesia

Positif -
Dirawat -
Sembuh -
Meninggal -
Sumber data: kawalcovid19.id
Lihat Detail
Selasa, 22 September 2020

Studi: Latihan Musik Ternyata Tidak Berpengaruh pada Kecerdasan Anak

Memberikan anak pelajaran musik dengan tujuan meningkatkan keterampilan kognitif dan akadamik adalah usaha yang tidak tepat sasaran.

Yasinta Rahmawati | Fita Nofiana
cloud_download Baca offline
Ilustrasi anak cerdas. (Shutterstock)
Ilustrasi anak cerdas. (Shutterstock)

Himedik.com - Banyak orang tua yang menganggap belajar musik bisa meningkatkan kemampuan kognitif dan akademis anak, padahal anggapan tersebut tidak benar. Latihan musik ternyata sama sekali tidak berhubungan dengan peningkatan kecerdasan anak baik secara kognitif maupun akademis.

Hal ini dilaporkan dalam sebuah studi yang diterbitkan di jurnal Memory & Cognition.

Melansir dari Medical Xpress, penelitian ini disusun oleh Giovanni Sala dari Fujita Health University Jepang dan Fernand Gobet dari School of Economics and Political Science Inggris.

Para peneliti menunjukkan, bahwa pelatihan musik pada anak-anak tidak memberikan manfaat untuk kognisi anak dalam hal daya ingat hingga prestasi akademik seperti matematika, menulis, dan membaca. 

Dalam studi ini, para peneliti menganalisis ulang data dari 54 studi sebelumnya yang terbit antara tahun 1986 hingga 2019. Peneliti menemukan, bahwa pelatihan musik tidak efektif untuk meningkatkan keterampilin kognitif dan akademik.

"Studi kami menunjukkan bahwa gagasan umum soal musik yang dianggap membuat anak lebih pintar itu tidak benar," kata Giovani Sala, penulis utama penelitian.

Ilustrasi anak main musik. (Shutterstock)
Ilustrasi anak main musik. (Shutterstock)

 

Menurut Sala, memberikan anak pelajaran musik dengan tujuan meningkatkan keterampilan kognitif dan akadamik adalah usaha yang tidak tepat sasaran. Belajar musik meningkatkan kemampuan bermusik tapi tidak dapat digeneralisasikan pada keterampilan lain. 

"Pelatihan musik akan bermanfaat bagi anak-anak, misalnya dengan meningkatkan keterampilan sosial atau percaya diri," kata Fernand Gobet yang juga merupakan penulis penelitian. 

Para penulis mengingatkan bahwa terlalu sedikit bukti tentang efek positif musik dan keterampilan kognitif serta akademik. Penelitan lebih lanjut dan rinci masih perlu dilakukan untuk membuktikan adanya hubungan antara belajar musik dan peningkatan kecerdasan anak.

Terkait

Terkini