Info

Kecanduan Gadget, Awas Diserang Penyakit Ini

Menunduk saat melihat gadget akan memberikan tekanan berlebih pada leher dan bisa berdampak buruk bagi tubuhmu.

Rauhanda Riyantama

Ilustrasi menunduk lihat gadget. (Shutterstock)
Ilustrasi menunduk lihat gadget. (Shutterstock)

Himedik.com - Ada yang kecanduan gadget?

Tahukah kamu menunduk saat melihat gadget akan memberikan tekanan berlebih pada leher dan bisa berdampak buruk bagi tubuhmu. Sebaiknya batasi penggunaan gadget ya.

Penelitan mengenai efek bahaya gadget pada tulang belakang dipimpin oleh Kenneth Hansraj, dokter operasi tulang belakang di New York. Ia menemukan tekanan pada leher akan meningkat seiring dengan tingkat kemiringan.

Menurut Kenneth, memiringkan kepala 45 derakat menambahkan tekanan 22 kg pada leher. Sementara, jika leher miring 30 derajat setara dengan 18 kg, dan 15 derajat setara dengan tekanan ekstra 12 kg pada tulang belakang.

"Berat yang dipikul oleh tulang belakang secara dramatis meningkat saat kita menundukkan kepala maju di berbagai tingkat kemiringan," kata Kenneth.

Hilangnya kurva alami dari tulang belakang leher menyebabkan peningkatan tekanan pada leher. Hal ini bisa mempercepat kerusakan otot dan keausan.

"Meskipun hampir tidak mungkin menghindari teknologi yang menyebabkan masalah ini. Tapi setidaknya kita harus berusaha untuk melihat ponsel dengan posisi tulang belakang netral. Hindari menghabiskan waktu berjam-jam dalam posisi membungkuk," imbuh Kenneth.

Postur tubuh yang buruk adalah ketika kepala dimiringkan ke depan dan bahu turun ke depan dalam posisi bulat. Sementara itu, postur yang baik didefinisikan posisi telinga sejajar dengan bahu dan tulang belikat ditarik.

Postur tubuh yang buruk juga terkait dengan berbagai masalah kesehatan, mulai dari nyeri punggung, migrain, gangguan napas, bahkan bisa membuat kita lebih mudah marah dan tersinggung.

Berita Terkait

Berita Terkini