Info

Telur Aman Bagi Penderita Diabetes dan Jantung, Begini Kata Pakar

Siapa bilang telur berbahaya bagi penderita diabetes dan jantung? Ketahui faktanya di sini.

Rauhanda Riyantama | Yuliana Sere

Telur/pexels
Telur/pexels

Himedik.com - Kamu yang menderita diabetes dan jantung kini tak perlu khawatir jika ingin mengonsumsi telur. Himedik.com punya kabar baik bagi kamu tentang ini.

Dilansir dari medicaldaily, satu telur mengandung 75 kalori dan nutrisi seperti protein, zat besi dan vitamin.

Para peneliti dari University of Sydney di Australia menemukan bahwa mengonsumsi selusin telur dalam seminggu tak meningkatkan risiko masalah jantung pada penderita diabetes.

Studi yang dilakukan di Sydney Medical School dan Royal Prince Alfred Hospital ini telah diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition pada 7 Mei 2018.

Sebelumnya, telur dianggap bisa memperparah diabetes karena tingkat kolesterolnya tinggi yang mencapai 141 hingga 234 miligram per telur.

Telur/pexels
Telur/pexels

Dr. Nicholas, pemimpin program penelitian dari Charles Perkins Center, membantah pernyataan ini. Menurutnya, telur tetap aman dikonsumsi untuk penderita pra diabetes dan diabetes tipe 2.

Sebanyak 128 peserta yang menderita diabetes tipe 2 menjalani diet tinggi telur dan diet rendah telur. Masing-masing dari mereka diminta makan 12 telur per minggu dan kurang dari dua telur per minggu.

Dr. Fuller menjelaskan kedua kelompok mengalami penurunan berat badan yang sama dan tak terjadi risiko penyakit jantung.

Hasil lain menunjukkan kadar kolesterol dalam darah juga berkurang serta adanya penurunan berat badan.

Diketahui telur mengandung kalsium, seng, protein, vitamin A, B5, B12, D, K, E, serta antioksidan.

Jadi, telur aman lho bagi penderita diabetes dan jantung.

Berita Terkait

Berita Terkini