Info

Solusi Kurangi Gejala Asma dengan Diet Sehat, Ini Kata Studi

Asma sering mengganggu aktivitasmu apalagi kalau kambuh ketika ingin tidur. Yuk, kurangi gejala asma dengan program diet sehat.

Rauhanda Riyantama | Yuliana Sere

Asma/MavCure.Com
Asma/MavCure.Com

Himedik.com - Asma merupakan kondisi ketika lendir yang dihasilkan berlebihan akibat saluran udara meradang, sempit dan membengkak sehingga membuat sulit bernapas.

Beberapa gejalanya meliputi batuk, dada terasa sesak, sulit bernapas dan mengi atau keluarnya suara saat bernapas.

Gejala-gejala di atas dapat dikurangi dengan diet sehat. Diet ini termasuk makan buah-buahan dan sayuran karena jenis makanan ini memiliki sifat antioksidan dan anti inflamasi yang dapat mengurangi gejala asma.

Peneliti utama, Dr Roland Andrianasolo dari Tim Penelitian Epidemiologi Gizi di Inserm, Inra, dan Paris 13 University, menganalisis hampir 35 ribu orang dewasa di Perancis.

Di antara mereka, 28 persen wanita dan 25 persen pria memiliki setidaknya satu gejala asma. Semua peserta diminta untuk melaporkan jumlag gejala yang mereka alami selama periode 12 bulan.

Diet vegetarian/pexels
Diet vegetarian/pexels

Selain diet sehat, tim juga meneliti aktivitas mereka seperti merokok dan olahraga. Hasilnya, gejela asma berkurang hingga 30 persen pada pria dan 20 persen pada wanita.

Kata Dr. Andrianasolo, pola makan sehat terdiri dari asupan tinggi buah, sayuran dan serat. Antioksidan yang terkandung dalam makanan ini mengandung antioksidan dan anti inflamasi yang bisa menurunkan gejala asma.

Di sisi lain, ia juga menjelaskan diet yang tak sehat seperti mengonsumsi daging, garam dan gula yang tinggi. Makanan seperti ini dikaitkan dengan peradangan yang berpotensi memperburuk gejala asma.

Mengonsumsi makanan cepat saji secara teratur juga bisa meningkatkan risiko asma.

Profesor Mina Gaga, yang merupakan presiden dari European Respiratory Society membenarkan jika diet sehat bisa mencegah timbulnya asma.

Bagi kamu yang asma, diet sehat ini bisa bermanfaat bagi kamu asalkan kamu konsisten menjalaninya ya.

Berita Terkait

Berita Terkini