Info

Berikut Kebiasaan Warga Prancis yang Bikin Sehat dan Panjang Umur

Ingin hidup sehat dan panjang umur, baca artikel ini!

Rauhanda Riyantama

Ribuan warga Prancis berkumpul turut merayakan momen juara Piala Dunia 2018. (Sumber: Twitter/Equipe de France)
Ribuan warga Prancis berkumpul turut merayakan momen juara Piala Dunia 2018. (Sumber: Twitter/Equipe de France)

Himedik.com - Menerapkan pola hidup sehat telah mendarah daging bagi warga Prancis. Bagaimana tidak, sejak kecil mereka ditanamkan kebiasaan sehat yang secara tidak langsung berpengaruh pada angka harapan hidup yang cukup tinggi.

Berikut beberapa kebiasaan sehat warga Prancis yang bisa ditiru dan diterapkan dalam keseharian. Yuk, mari kita simak ulasannya.

1. Anti makan sendirian

Makan bersama keluarga atau teman menjadi hal yang wajib bagi orang Prancis. Jadi mereka anti makan sendirian.

Dilansir dari Time, orang-orang yang sering makan sendirian, terutama pria berisiko mengidap penyakit jantung dan diabetes serta meningkatnya depresi.

2. Masak sendiri lebih sehat

Sebagai negara yang kaya akan varian kulinernya, ternyata orang Prancis terkenal dengan kebiasaannya masak makanannya sendiri. Terutama saat makan malam.

Selain itu, saat memasak mereka lebih menykai hal-hal yang tradisional ketimbang inovasi atau menggunakan bahan-bahan kimia. Dengan masak sendiri, nutrisi atau gizi yang terkandung dalam makanan tetap terjaga kualitasnya. Dan yang paling penting bisa lebih hemat dari makan di luar.

Di Prancis pasar-pasar lokal lebih diminati dari pada belanja di supermarket. Sebab banyak pedagang atau petani yang menjual bahan makanan yang masih segar dan organik.

3. Tidak ada kata diet

Perlu diketahuia makanan sehat di Prancis bermula dari kesederhanaan. Tidak ada makanan yang dilarang, kecuali jika dirasa berlebihan. Jadi orang Prancis tidak ada kata diet.

Dari pada tidak makan karbohidrat, mereka lebih memilih mengurangi porsinya. Sebab orang Prancis sangat mencintai makanan dan mereka memperlakukan makanan seolah mempercayainya.

4. Kebiasaan sejak muda

Di Prancis membiasakan pola hidup sehat dimulai sejak usia muda. Ada peraturan bagi anak-anak tidak diperbolehkan makan di luar sekolah. Mereka wajib makan di kantin dengan empat kali sajian makan. Jika tidak ingin makan di kantin, mereka diperbolehkan pulang untuk makan.

5. Fasilitas kesehatan yang baik

Menurut International Living's 2016 Global Retirement Index, Prancis menduduki posisi pertama sebagai negara yang memiliki fasilitas kesehatan terbaik di Eropa. Antara lain berupa rumah sakit, dokter, sistem perawatan, dan layanan kesehatan lainnya disubsidi sebagian oleh pemerintah, pengusaha, dan kontribusi perorangan.

Walhasil, Prancis dinobatkan sebagai salah satu negara paling sehat di dunia. Terbukti, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mencatat Prancis memiliki tingkat harapan hidup tinggi. Untuk pria hingga usia 80 tahun sedangkan wanita mencapai usia 86 tahun.

6. Banyaknya waktu libur

Rata-rata orang Prancis memiliki waktu libur yang dibayar hingga 30 hari dalam setahun. Hal ini menjadi indikasi rendahnya tingkat stres di negera tersebut.

Jika dibandingkan dengan Amerika, tingkat stres di Prancis tergolong rendah. Bahkan, ada pepatah 'Orang Eropa kerja untuk hidup. Orang Amerika hidup untuk kerja.'

Berita Terkait

Berita Terkini