Info

Benarkah Makan Makanan Pedas Membawa Manfaat Bagi Tubuh?

Suka makan makanan pedas? Apakah ini punya manfaat kesehatan untukmu?

Rauhanda Riyantama | Yuliana Sere

Cabai/unsplash
Cabai/unsplash

Himedik.com - Bagi kamu yang gemar makan makanan pedas, rasanya belum lengkap jika makanan tersebut tak diberi cabai. Seperti ada yang kurang, kan?

Tapi dalam beberapa kasus, tak sedikit orang yang justru menghindari rempah-rempah yang membuat makanan menjadi pedas, dengan alasan agar lebih sehat.

Menurut Dr. Khursheed Jeejeebhoy, seorang profesor kedokteran di Universitas Toronto, yang juga profesor emeritus di Kanada, menjelaskan tak ada bukti orang-orang harus melakukan itu.

Rempah-rempah dalam jumlah sedang juga harus dinikmati dan tak ada bukti jika makanan pedas itu buruk untuk kesehatan.

Nah, berdasarkan penjelasan di atas, HiMedik sudah merangkum empat manfaat makanan pedas yang harus kamu tahu, dilansir dari medicaldaily.

1. Baik untuk kesehatan jantung

Sebuah studi yang diterbitkan pada 2017 menemukan jumlah kematian yang lebih rendah yang disebabkan oleh penyakit vaskular, seperti serangan jantung dan stroke pada mereka yang mengonsumsi cabai.

"Studi kami menunjukkan kenikmatan rasa pedas merupakan cara penting untuk mengurangi asupan garam dan tekanan darah, tak peduli jenis makanan dan jumlah makanan", kata Dr. Zhiming Zhu.

2. Bakar kalori ekstra

Menurut sebuah studi dari Universitas Purdue, orang membakar lebih banyak kalori dan menurunkan nafsu makan setelah makan cabe merah. Efeknya sangat kuat pada mereka yang tak mengonsumsi makanan pedas secara teratur.

Namun perlu diingat bahan pedas saja bukan pintu ajaib untuk penurunan berat badan yang signifikan. Tim peneliti mencatat sesekali cabai merah pada makanan dapat bermanfaat bila dikombinasikan dengan diet dan gaya hidup sehat.

Makanan pedas/unsplash
Makanan pedas/unsplash

3. Mencegah kanker

Capsaicin, bahan yang membuat cabai pedas dan panas, dianggap oleh para ahli karena memiliki sifat anti-kanker.

"Ini memiliki efek yang sama pada tubuh seperti obat kanker tertentu," kata Dr Gregory A. Plotnikoff, konsultan senior untuk inovasi kesehatan di Allina Hospitals and Clinics di Minnesota.

Namun, manfaat ini terus diperdebatkan dalam literatur medis karena temuan yang saling bertentangan. Menurut Cancer Research UK, kunyit telah menunjukkan hasil yang menjanjikan dalam uji klinis awal untuk mencegah pertumbuhan sel kanker.

4. Menghilangkan rasa sakit

Capsaicin juga bisa membantu menghilangkan rasa sakit. Beberapa penelitian juga menyarankan diet dengan kadar capsaicin yang lebih tinggi memiliki efek perlindungan terhadap bisul dengan cara membunuh bakteri yang dikenal sebagai H. pylori.

Nah, ternyata makan makanan pedas membawa banyak manfaat kesehatan kan?

Berita Terkait

Berita Terkini