Info

Daripada ke Gym, Lima Teh Ini Mampu Atasi Berat Badan Berlebih!

Ngapain repot-repot ke gym kalo minum teh saja bisa menurunkan berat badan?

Rauhanda Riyantama | Yuliana Sere

Minum teh/unsplash
Minum teh/unsplash

Himedik.com - Masalah berat badan saat ini kerap menjadi perbincangan banyak orang dari segala usia. Ada yang mengalami kelebihan berat badan tapi tak sedikit yang ingin menaikkan berat badan.

Berbagai cara pun kamu halalkan demi mendapatkan berat badan ideal. Mulai dari konsumsi pil pelangsing, diet karbohidrat, minum susu dan masih banyak lagi.

Pilihan lain untuk mendapatkan berat badan ideal yang saat ini tengah digandrungi banyak orang adalah nge-gym. Nah, kali ini HiMedik ingin bantu kamu yang tengah menghadapi masalah kelebihan berat badan.

Dilansir brightside, daripada kamu membuang banyak waktu, tenaga dan biaya untuk nge-gym, mending kamu coba konsumsi teh yang tak kalah ampuh menurunkan berat badanmu. Yuk, langsung disimak saja.

1. Green tea

Green tea atau teh hijau ini adalah salah satu jenis teh yang paling terkenal dengan berbagai manfaat kesehatan. Ini juga salah satu teh yang paling efektif dalam hal penurunan berat badan.

teh hijau/unsplash
teh hijau/unsplash

Ini karena ekstrak teh hijau sangat tinggi dalam katekin - antioksidan alami yang dapat meningkatkan metabolisme dan meningkatkan pembakaran lemak, terutama di daerah perut.

Ini juga mengandung zat bioaktif seperti kafein dan EGCG yang dapat memiliki efek kuat pada metabolisme tubuh. Zat-zat dalam teh hijau ini kemudian meningkatkan kadar hormon yang bertanggung jawab untuk pembakaran lemak sehingga lemak dilepaskan ke aliran darah yang kemudian berfungsi sebagai energi.

2. Teh Puerh

Bagi kamu yang belum tahu teh ini, teh Puerh berasal dari Yunnan. Teh ini termasuk dalam teh hitam Cina yang difermentasikan melalui reaksi kimia antara bakteri yang menguntungkan dan teh utama yang dikeringkan dengan sinar matahari.

Teh Puerh memiliki aroma yang menenangkan yang berkembang dari waktu ke waktu dan orang-orang biasanya mengonsumsi setelah makan. Semakin lama disimpan, semakin kuat aromanya.

Teh ini mampu menurunkan berat badan karena menekan sintesis asam lemak yang kemudian memengaruhi proses lipogenesis yang mengubah lemak menjadi energi. Ini mencegah terbentuknya lemak yang bisa menambah berat badan. Selain itu, teh ini juga bisa menurunkan kadar gula darah.

3. Black tea

teh hitam/unsplash
teh hitam/unsplash

Teh hitam kaya akan antioksidan yang disebut flavonoid atau dikenal sebagai polifenol, yang berhubungan dengan banyak manfaat kesehatan, salah satunya menurunkan berat badan.

Selain penurunan berat badan, teh hitam bermanfaat bagi kadar gula darah menurut penelitian terbaru. Kamu disarankan minum teh hitam 3 cangkir per hari.

4. Teh Oolong

Teh oolong adalah jenis tradisional teh Cina yang telah teroksidasi. Berbagai penelitian mengungkapkan teh oolong dapat meningkatkan penurunan berat badan dengan meningkatkan proses pembakaran lemak dan mempercepat metabolisme.

Adanya kandungan polifenol, katekin dan kafein membantu meningkatkan metabolisme dan jumlah lemak yang dibakar saat membantu mempertahankan massa tubuh tanpa lemak.

5. White tea

teh putih/Teatulia
teh putih/Teatulia

Teh putih adalah jenis teh ringan yang diproses dengan hati-hati saat tanaman ini masih muda. Teh ini memiliki rasa manis ringan yang membuatnya berbeda dengan jenis teh lain.

Manfaat teh putih telah diteliti dengan baik selama bertahun-tahun untuk meningkatkan kesehatan hingga membunuh sel kanker. Teh putih dan teh hijau memiliki jumlah katekin yang sama yang keduanya berkontribusi terhadap penurunan berat badan yang cepat dan efektif.

Teh putih efektif menghambat pembentukan sel-sel lemak baru, yang dikenal sebagai adiposit. Karena pembentukan sel lemak baru berkurang, penambahan berat badan juga berkurang.

Selain itu, merangsang lipolisis, proses pembakaran lemak dalam tubuh. Kelebihan lemak di dalam tubuh secara efisien dibakar sehingga menyebabkan penurunan berat badan.

Nah, itu tadi lima referensi teh yang bisa kamu konsumsi untuk menurunkan berat badan. Pilih minum teh atau nge-gym nih?

Berita Terkait

Berita Terkini