Info

Kemenkes Sediakan Sandal Khusus untuk Jemaah Haji Indonesia

Ini bukan sandal biasa, melainkan sandal yang dirancang khusus dan sesuai rekomendasi medis untuk menunjang kesehatan jemaah selama ibadah haji.

Rauhanda Riyantama

Ilustrasi jemaah haji Indonesia. (shutterstock)
Ilustrasi jemaah haji Indonesia. (shutterstock)

Himedik.com - Musim ibadah haji telah tiba. Jutaan orang dari seluruh penjuru dunia dipastikan datang memenuhi Arab Saudi, salah satunya jemaah haji dari Indonesia.

Para jemaah pun diwajibkan menjaga kesehatan tubuhnya selama menunaikan ibadah haji. Lantaran musim haji tahun ini bertepatan dengan musim panas yang cukup ekstrim. Rerata suhu di Arab Saudi bisa mencapai 53 derajat celcius.

Untuk itu, Pemerintah Indonesia melalui Kepala Pusat Kesehatan Haji, Eka Jusup Singka telah menyediakan 20.400 pasang sandal atau 10% dari jumlah jemaah haji Indonesia di Arab Saudi, agar terhindar dari kaki melepuh lantaran terpapar permukaan tanah yang panas.

Kaki salah satu jemaah haji yang melepuh. (dok. Kementerian Kesehatan)
Kaki salah satu jemaah haji yang melepuh. (dok. Kementerian Kesehatan)

Eka Jusup menuturkan, ini bukan sandal biasa, melainkan sandal yang dirancang khusus untuk menunjang kesehatan jemaah selama ibadah haji. Serta sudah sesuai dengan rekomendasi medis. "Sandal yang disediakan sesuai dengan rekomendasi medis dan bukan sandal jepit," ungkap Eka, dilansir dari Okezone.

Di lain pihak, Koordinator Tim Promotif Preventif, Dian Shinta yang mengatakan bahwa penggunaan sandal jepit berisiko menyebabkan lecet pada kaki. "Dikhawatirkan sela-sela jari kaki jemaah akan mudah terluka karena gesekan. Terutama bagi jemaah yang memiliki riwayat penyakit diabetes sangat tidak dianjurkan menggunakan sandal jepit," tegas Dian.

Dian juga mengingatkan agar jemaah membawa sendiri sandalnya yang diberikan pemerintah ke dalam masjid dan tidak dititipkan ke jamaah lain. Hal ini bertujuan untuk meminimalkan kehilangan sandal.

Sandal merupakan salah satu alat pelindung diri (APD) yang disiapkan oleh Pemerintah Indonesia, khususnya Kementerian Kesehatan pada penyelanggaraan haji tahun 2018. Selain sandal, APD lain yang telah disiapkan adalah payung, kacamata, masker, dan semprotan air.

Berita Terkait

Berita Terkini