Info

Tak Hanya Turunkan Tekanan Darah, Ini 6 Manfaat Mandi Air Dingin

Sering stres? Kamu sebaiknya mandi air dingin. Lihat manfaat lainnya di sini.

Rauhanda Riyantama | Yuliana Sere

Air dingin bantu tingkatkan energimu
Air dingin bantu tingkatkan energimu

Himedik.com - Selalu mandi air dingin bisa membawa banyak manfaat untukmu. Menurut riset di tahun 2008, mandi air dingin bisa berfungsi sebagai antidepresan. Hal ini dikemukakan oleh National Institutes of Health.

Riset ini juga pernah diterbitkan pada 2014 dalam the journal Medical Hypotheses. Mandi air es dapat mengirim sejumlah besar impuls listrik dari ujung saraf tepi ke otak. Efeknya seperti antidepresan.

Manfaat tersebut akan kamu dapatkan ketika mandi dengan air dingin selama 2-3 menit dalam beberapa bulan. Hal ini bekerja dengan cara yang sama ketika kamu merasa kedinginan.

Beberapa manfaat mandi air dingin telah dirangkum HiMedik dari laman medicaldaily.

1. Meningkatkan kesadaran

Merasakan air dingin mengalir di tubuh bisa meningkatkan asupan oksigen. Dengan begini, detak jantung semakin meningkat, meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh yang nantinya bisa menambah tingkat energi tubuh.

Katherine Hepburn, seorang aktris Hollywood, adalah penggemar mandi air dingin. Ia mengatakan, dengan mandi air dingin, dia memiliki tingkat energi yang baik untuk mendukung aktivitasnya.

Mandi/pexels
Mandi. (pexels)

2. Membuat rambut dan kulit tampak bersinar

Mandi air dingin bisa menjaga penampilanmu agar tetap cantik. Di sisi lain, air panas punya kecenderungan untuk mengeringkan kulit.

Air dingin bisa 'menyegel' pori-pori kulit dan kepala sehingga bisa mencegah kotoran masuk. Jessica Krant, dokter kulit bersertifikat juga mengemukakan pendapat soal ini.

Ia mengatakan mandi air dingin bisa membuat rambut tampak lebih bersinar, lebih kuat dan lebih sehat.

3. Meningkatkan imunitas

Air dingin meningkatkan sirkulasi darah yang kemudian dapat membantu mengatasi beberapa masalah kulit dan jantung.

Dr. Joseph Mercola mengatakan mandi air dingin menyebabkan arteri memompa darah secara lebih efisien sehingga meningkatkan kesehatan jantung.

Selain itu, mandi air dingin bisa menurukan tekanan darah, membersihkan arteri yang tersumbat dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

4. Menstimulasi penurunan berat badan

Berat badan/pexels
Berat badan. (pexels)

Mandi air dingin dapat membantu menurunkan berat badan dengan cara yang tak terduga. Joslin Diabetes Center menjelaskan lemak tubuh bisa aktif jika terkena dingin ekstrim.

Lemak ini bisa menghasilkan panas untuk menjaga tubuh tetap hangat. Sebuah studi tahun 2009 menemukn paparan suhu dingin bisa menghilangkan lemak tubuh sebanyak 4 kg jika terus berolahraga.

5. Mempercepat pemulihan nyeri otot

Studi tahun 2009 menganalisis 17 percobaan yang melibatkan lebih dari 360 orang yang beristirahat sambil membenamkan diri di air dingin setelah bersepeda atau berlari.

Hasilnya mandi air dingin selama 24 menit efektif dalam meredakan nyeri otot satu hingga empat hari setelah olahraga dengan suhu air 50 hingga 59 derajat Fahrenheit atau 10 hingga 15 derajat Celcius.

6. Meredakan stres

Sebuah studi tahun 1994 menemukan penurunan drastis kadar asam urat selama dan setelah terpapar dengan stimulus dingin. Ini juga sebagai salah satu cara untuk meredakan stres.

7. Meredakan depresi

Air dingin bisa meredakan gejala depresi karena adanya dampak reseptor dingin di kulit yang mengirim sejumlah besar impuls listrik dari ujung saraf perifer ke otak.

Dengan demikian, ini bisa menghasilkan efek anti depresan serta meningkatkan suasana hati.

Nah, itu tadi 7 manfaat mandi air dingin. HiMedik menyarankan agar sebisanya kamu mandi air dingin setiap hari ya.

Berita Terkait

Berita Terkini