Info

Menengok Fasilitas Mewah Ambulans VIP untuk Asian Games 2018

Kemenkes siapkan sekitar 230 ambulans untuk Asian Games 2018, 25 di antaranya masuk kategori ambulans VIP.

Rauhanda Riyantama

Penampakan ambulans VIP untuk Asian Games 2018. (Suara.com/Firsta Nodia)
Penampakan ambulans VIP untuk Asian Games 2018. (Suara.com/Firsta Nodia)

Himedik.com - Pada perhelatan Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang, Kementerian Kesehatan telah menyiagakan tenaga kesehatan dan rumah sakit rujukan. Serta yang tak kalah penting adalah menyiapkan ambulans di arena pertandingan Asian Games.

Dirjen Pelayanan Kesehatan RI dr. Bambang Wibowo, Sp OG(K), MARS mengatakan ada sekitar 230 ambulans yang disiapkan Kemenkes, di mana 25 ambulans di antaranya merupakan unit ambulans VIP.

"Bicara soal ambulans bukan lagi sekadar sebagai sarana angkut pasien ke rumah sakit. Tetapi sudah ada pelayanan medis di dalamnya, yakni pelaksanaan manajemen di UGD sudah dapat dilakukan di dalam ambulans," ujar dr. Bambang Wibowo di sela-sela Apel Siaga Bidang Kesehatan Asian Games 2018 di Jakarta, dilansir dari Suara.com.

Ia menambahkan 25 unit ambulans ini dikatakan VIP, karena memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan ambulans biasa. Selain itu, di dalamnya juga sudah dilengkapi dengan fasilitas seperti mini ICU, karena ada perlengkapan seperti ventilator, defibrillator, dan monitor.

"Ada fasilitas mini ventilator sehingga ambulans ini memenuhi syarat untk memberi pertolongan pada kasus kegawatdaruratan," imbuh dr. Bambang Wibowo.

Bagian dalam ambulans VIP untuk Asiaan Games 2018 yang disiapkan kemenkes. (Suara.com/Firsta Nodia)
Bagian dalam ambulans VIP untuk Asiaan Games 2018 yang disiapkan Kemenkes. (Suara.com/Firsta Nodia)

Tak hanya itu, dari segi ukuran, ambulans VIP juga lebih besar dan tinggi. Menurut dr. Bambang Wibowo, ambulans ini bisa mengakomodir para atlet dari negara lain yang memiliki tinggi badan di atas rata-rata orang Indonesia.

"Persyaratan ketinggian dan panjang. Jadi bisa mengakomodir atlet yang tingginya lebih dari dua meter. Atlet juga bisa berdiri ketika diperlukan manuver atau perawatan di dalam ambulans," ungkapnya.

Menurut dr. Bambang Wibowo, ambulans VIP ini merupakan hasil pengadaan barang pada 2017 dengan merek Mercedes Benz seharga Rp 2 Miliar per unit. Rencananya selama Asian Games, ambulans VIP akan disiagakan di arena pertandingan cabang olahraga yang memiliki kesulitan akses seperti pada pertandingan paralayang.

"Kita siapkan di titik yang susah diakses, misalnya paralayang. Untuk pertolongan pertama saat ada kejadian, di ambulans VIP sudah bisa ditangani dan kemudian dilanjutkan di rumah sakit. Distribusinya disebar di beberapa titik, yaitu Palembang ada 5 titik, sedangkan sisanya di Jawa Barat dan Jakarta," pungkas dr. Bambang Wibowo.

Suara.com/Firsta Nodia

Artikel terkait pernah dimuat Suara.com dengan judul: Melongok Fasilitas Ambulans VIP untuk Asian Games 2018

Berita Terkait

Berita Terkini