Info

Ini Bahaya Bermain Handphone Di Ruangan Gelap

Bermain handphone di ruangan gelap berdampak negatif pada kesehatan.

Rauhanda Riyantama | Krishnayanti C

Bermain HP di ruang gelap (marie claire)
Bermain HP di ruang gelap (marie claire)

Himedik.com - Kini, handphone memang sudah menjadi kebutuhan pokok bagi setiap orang. Bahkan, banyak di antaranya yang kecanduan sehingga selalu menggunakan setiap saat.

Parahnya, saat hendak mau tidur dan lampu kamar dimatikan mayoritas selalu mengecek handphone. Entah untuk membalas chat atau sekedar melihat feed di Instagram.

Di balik kebiasaan tersebut, ternyata banyak orang tidak menyadari jika memainkan handphone di ruangan gelap berdampak buruk untuk kesehatan. Dilansir dari berbagai sumber, berikut beberapa bahayanya.

1. Meningkatkan resiko depresi

Menggunakan handphone dalam keadaan gelap akan memiliki risiko lebih tinggi mengidap depresi. Ini terjadi karena hormon melatonin yang terganggu akan mengacaukan jam tidur, sehingga dapat memengaruhi bagian otak yang bertugas untuk mengatur emosi dan tingkat kecemasan seseorang.

2. Merusak retina mata

Bahaya ini sebenarnya sudah banyak diketahui oleh orang. Akan tetapi sering diabaikan karena merasa bukan dampak yang besar.

Jika hal tersebut sering dilakukan akan sangat berbahaya juga. Layar handphone memancarkan sinar biru atau blue light, yang digolongkan sebagai high-energy visible light (HEV), yaitu sinar tampak dengan panjang gelombang yang relatif pendek (415 – 155 nanometer) dan tingkat energi tinggi.

Paparan langsung sinar biru kepada mata dapat menembus bagian luar mata hingga bagian dalam, sehingga menimbulkan efek jangka panjang berupa kerusakan pada retina.

3. Memicu kanker payudara

Menatap layar handphone dalam gelap secara terus menerus juga dapat menimbulkan risiko terkena kanker. Hal itu diperkuat oleh temuan peneliti yang dipublikasikan dalam European Journal of Cancer Prevention, bahwa paparan sinar biru akan meningkatkan risiko kanker payudara pada wanita hingga 17 persen.

Risiko kanker tersebut bisa terjadi karena cahaya biru menekan produksi melatonin atau hormon yang berfungsi untuk menidurkan sel-sel kanker. Tapi jika sering terpapar dapat meningkatkan produksi hormon estrogen yang memicu kanker payudara.

Nah, itulah beberapa dampak berbahaya dari bermain handphone dalam kegelapan. Sebaiknya dihindari ya guys!

Berita Terkait

Berita Terkini