Info

Pengguna Softlens? Yuk, Perhatikan Hal Berikut Agar Mata Aman!

Softlens merupakan alat bantu penglihatan selain kacamata. Softlens sendiri dibedakan menjadi dua jenis yakni lunak dan keras.

Rauhanda Riyantama | Dwi Citra Permatasari Sunoto

penggunaan softlens (Shutterstock)
penggunaan softlens (Shutterstock)

Himedik.com - Pada umumnya penggunaan softlens tidak hanya diperuntukkan bagi penderita mata rabun jauh. Namun, mata normal pun juga bisa menggunakannya. Beberapa dokter memang tidak menganjurkan pasiennya menggunakan softlens dengan alasan tertentu. Seperti pengguna mengalami infeksi atau gangguan mata lainnya akibat penggunaan softlens. Nah, jika sudah seperti itu jangan paksa mata untuk tetap menggunakan softlens. Tetapi jangan tertipu, bukan berarti Anda yang tidak mengalami infeksi mata ketika menggunakan softlens akan selamanya baik-baik saja. Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan bagi Anda pengguna softlens.

1. Jangan gunakan terlalu lama

Penggunaan softlens membuat mata kering, karena ia menyerap kadar air pada mata. Maka dari itu jangan gunakan softlens terlalu lama yakni tidak lebih dari 8 jam. Namun, jika mata sudah terasa kering, segera lepaskan atau beri tetes mata khusus softlens. Ingat untuk tidak menggunakan tetes mata biasa, karena penggunaannya jelas berbeda.

tetes mata (Alodokter)
tetes mata (Alodokter)

2. Sering membersihkan softlens

Selalu rendam softlens dengan cairan perendamnya, bukan air atau larutan lainnya. Meskipun tidak digunakan, ganti cairan perendam secara berkala, agar kotoran dalam cairan tidak kembali lagi menempel pada softlens.

3. Perhatikan kebersihan tangan

Selalu bersihkan tangan Anda sebelum menggunakan dan melepas softlens. Tangan juga harus dalam keadaan kering ketika menyentuh softlens.

4. Perhatikan kualitas softlens

Semakin mahal softlens tentu saja semakin baik untuk mata. Mengapa? Karena biasanya harga softlens tergantung dari bahan pembuatnya dan lama masa pemakaian. Sebagai saran, Anda bisa memilih softlens yang terbuat dari silicone hydrogel yang mana lebih nyaman digunakan karena membantu jalannya oksigen ke kornea. Sedangkan lama masa pemakaian ini, mulai dari harian (sekali pakai) hingga untuk penggunaan satu tahun. Intinya, semakin sering Anda mengganti softlens semakin kecil resiko mata terkena infeksi.

softlens (Softlensa)
softlens (Softlensa)

Demikian beberapa hal yang harus diperhatikan jika Anda menggunakan softlens. Semoga bermanfaat!

Berita Terkait

Berita Terkini